Piala Menpora E-Sports

IDNEWS.CO.ID – Kementerian Pemuda dan Olahraga memiliki harapan besar di balik perhelatan Piala Menpora E-Sports 2020. Kemenpora ingin melahirkan bibit-bibit baru atlet E-Sports masa depan yang bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Hal itu disampaikan oleh Staf Khusus Menpora Bidang Kreativitas dan Inovasi Milenial, Alia Noorayu Laksono. Baginya, Piala Menpora E-Sports 2020 dapat dijadikan titik awal bagi generasi muda yang ingin menjajaki karier sebagai atlet E-Sports profesional.

“Melalui kejuaraan bergengsi ini anak-anak muda dapat mengukur bakat dan kompetensi mereka di cabang olahraga baru ini, sehingga nantinya diharapkan Indonesia dapat melahirkan bibit-bibit baru yang akan membela nama bangsa di kejuaraan tingkat dunia pada masa yang akan datang,” ujar Alia.

Alia menyadari jika E-Sports merupakan olahraga paling terpopuler saat ini. Berangkat dari situ, Kemenpora berniat memfasilitasi minat dan bakat generasi muda untuk berprestasi namun tetap sejalan dengan pekembangan zaman.

“Potensi besar ini harus dirangkul dan difasilitasi oleh negara sehingga kelak dapat memberikan dampak yang positif bagi Indonesia. Sehingga, tidak hanya mencari bibit-bibit atlet baru, Piala Menpora E-Sports 2020 juga bertujuan untuk mendorong ekosistem E-Sports di Indonesia agar lebih berkembang dan bisa menggerakkan roda perekonomian, khususnya di bidang ekonomi kreatif,” jelas Alia.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Piala Menpora Esports 2020, Giring Ganesha. Sejak masa pendaftaran hingga memasuki fase kualifikasi, antuasias generasi muda dalam kejuaraan ini cukup tinggi lantaran pesertanya mencapai 15 ribu pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam 3300 tim.

“Saya berharap serta yakin sekali bahwa PME 2020 menjadi ajang pencarian bakat bagi klub-klub E-Sports di Tanah Air untuk merekrut bibit-bibit berbakat, sesuai dengan tujuan PME 2020 sebagai entry point bagi generasi muda yang ingin menekuni dunia E-Sports,” tutur Giring.

Piala Menpora E-Sports 2020 sudah dimulai sejak 17 Agustus silam dan akan memasuki babak grand final pada 3-4 Oktober 2020.

LEAVE A REPLY