Bawang putih. Foto: Ulya Days

IDNEWS.CO.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) akhirnya menggelontorkan bawang putih impor di Tanah Air untuk memenuhi persediaan di pasar sejumlah daerah. Kemendag juga melakukan koordinasi di tingkat pusat terkait kondisi kenaikan harga bawang putih dan sejumlah bahan pokok lainnya.

“Dalam satu dua hari ke depan, harga bawang putih di seluruh tempat di Indonesia secara berangsur bisa segera kembali stabil pada kisaran harga Rp 30 ribu, karena persediaannya sudah bertambah,” kata Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward, melalui pesan tertulis, Kamis (9/5/2019).

Dody mengatakan, beberapa daerah yang sebelumnya harga bawang putih tembus Rp 80 ribu per kg, saat memasuki bulan suci Ramadan sudah turun hingga Rp 48 ribu per kg.

“Sudah ada beberapa importir bawang putih yang memasukkan barangnya, sehingga saya kira harganya bisa segera stabil kembali karena pasokannya sudah tersedia,” katanya.

Melansir data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih Indonesia saat ini berada di kisaran Rp 61,53 ribu per kg. Dengan harga bawang putih termurah terjadi di Kepulauan Riau seharga Rp 29,35 ribu per kg dan harga termahal di Kalimantan Timur yang mencapai Rp 93,75 ribu per kg.

Menyikapi hal ini, sejumlah daerah di Indonesia juga telah melakukan operasi pasar bawang putih. Di antaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogjakarta, dengan alokasi lima ton bawang putih jenis kating.

Plt Kepala Dinas Disperindag Kota Jogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan 30 ton bawang putih dari importir untuk operasi pasar selama bulan Ramadan. Operasi pasar pada awal Ramadan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pedagang dari sejumlah pasar tradisional di Kota Jogjakarta.

Pada operasi pasar ini, setiap pedagang dapat membeli bawang putih jenis kating minimal 20 kg dengan harga Rp 35 ribu per kg. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding harga bawang putih di pasar yang berkisar Rp 60 ribu per kg.

“Tujuan dari operasi pasar ini untuk stabilitasi harga dan diharapkan mampu menurunkan harga bawang putih hingga normal, yaitu sekitar Rp 35 ribu per kg. Yang pasti, stok bawang putih di pasar cukup,” kata Yunianto. (ndi)

 

LEAVE A REPLY