Ilustrasi kulit wajah.

IDNEWS.CO.ID – Perawatan kecantikan kulit dan wajah kini telah menjadi kebutuhan bagi banyak kalangan, baik pria maupun wanita. Banyak dari mereka yang mengikuti tren produk kecantikan tanpa memahami kandungan di balik produk tersebut.

Selain itu mereka juga kerap memilih suatu produk memastikan apakah produk tersebut sesuai dengan jenis kulit atau tidak. Padahal, menurut Head of Business Development ERHA, dr. Norita Sembada, memilih produk perawatan kulit yang tidak tepat akan menyebabkan masalah kulit.

Menurut Novita, ada sejumlah kesalahan yang dilakukan banyak orang dalam perawatan kulit dan wajah. Berikut ini empat kesalahan umum konsumen dalam merawat kulit wajah yang mengakibatkan sulitnya mendapatkan kualitas kulit yang cerah, seperti dipaparkan Novita saat ditemu baru-baru ini.

Menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Salah satu kesalahan paling umum dalam merawat kulit dan wajah ialah memilih produk yang tidak sesuai jenis kulit. Jika produk yang dipilih tidak sesuai dengan karakter kulit wajah, hal ini akan menyebabkan munculnya breakouts atau beruntusan, terutama pada jenis kulit yang sensitif.

Gemar mengganti produk perawatan kulit

Tren perawatan kecantikan yang seringkali berubah kerap membuat seseorang gemar mengganti produk perawatan kulitnya. Sering mengganti produk perawatan membuat wajah bekerja dua kali dalam beradaptasi dengan produk baru. Padahal, menurut Novita, setiap produk punya jangka waktu yang berbeda-beda dalam memberikan hasil untuk wajah.

Melewatkan atau melupakan tahap eksfoliasi

Novita juga menyampaikan bahwa banyak orang seringkali melupakan tahap eksfoliasi dalam perawatan kulit wajah. Padahal tahap ini berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit baru. Eksfoliasi ini penting terutama untuk kulit yang memiliki bekas jerawat, komedo atau pun memiliki jenis kulit yang kusam.

Tidak menggunakan tabir surya dengan rutin

Banyak orang kerap menganggap remeh sinar matahari yang membuat mereka tidak menggunakan tabir surya secara rutin. padahal, tabir surya adalah salah satu produk yang sangat penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar matarahari dan debu. Pentingnya memahami jenis kulit dan kandungan pada produk perawatan akan menentukan kualitas kulit Kamu, lho.

Nah, mulai sekarang jangan diulang lagi ya empat kesalahan tadi. (nsa)

LEAVE A REPLY