Ratna Sarumpaet

IDNEWS.CO.ID – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan diskedulkan menggelar sidang kelanjutan pada terdakwa perkara berita hoaks atau bohong Ratna Sarumpaet pada Kamis, (11/7/2019). Majelis hakim akan menjatuhkan vonis pada Ratna.

Jaksa Penuntut Umum mengharapkan pada majelis hakim bisa menjatuhkan hukuman pada Ratna seperti tuntutan yang sudah dibacakan sebelumnya.

“Kami mengharapkan majelis hakim memutuskan seperti tuntutan JPU, terdakwa dinyatakan dapat dibuktikan bersalah melakukan tindak pidana seperti dalam clausal 14 ayat 1 UU No 1 tahun 1946. Sesudah itu dijatuhi hukuman pidana penjara seperti dalam requisitoir kami,” kata jaksa Daroe Tri Sadono.

Kuasa hukum Ratna, Desmihardi, mengharapkan majelis hakim perhitungkan dan terima pledoi atau nota pembelaan yang diserahkan baik dari kuasa hukum atau pledoi yang disampaikan oleh kliennya, Ratna Sarumpaet.

“Majelis hakim serius mendasarkan putusannya pada kenyataan persidangan dan kepercayaan hakim yang diperoleh dari kenyataan persidangan jika kegaduhan sesuai tuduhan JPU tidak sudah pernah terjadi dan tidak dapat dibuktikan,” katanya.

Jaksa tuntut Ratna dengan hukuman pidana penjara selama enam tahun. Jaksa memandang tindakan Ratna penuhi bagian menebarkan hoaks yang memicu kegaduhan seperti ditata dalam Clausal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.(ndi)

LEAVE A REPLY