Cakar pengeruk tanah yang berbahaya.

IDNEWS.CO.ID – Begitu banyak perihal di sekitar kita yang beresiko, mulai dari hewan sampai beberapa benda tajam. Salah satunya ialah ular berbisa yang memiliki toksin mematikan. Atau pisau dapur tajam yang jika disalahgunakan dapat beresiko.

Tetapi siapa sangka, ternyata benda mati juga ada yang dapat amat beresiko. Bahkan juga cukup dengan menyentuhnya dikit saja, dapat membunuh manusia dengan cepat. Kendati tidak ada bentrokan atau tindakan yang beresiko.

Benda itu ialah cakar penggali, yang udah dibiarkan dalam kurun waktu yang lumayan lama. Lalu apa alasannya cakar penggali itu amat beresiko dan mematikan buat manusia? Baca uraian selengkapnya berikut ini.

Dilansir dari dailymail.co.uk, cakar penggali ini ialah peninggalan dari Chernobyl dipercaya. Ya, benda itu memiliki radioaktif hingga bahkan satu sentuhan juga dapat mematikan.

Mesin-mesin itu ketinggalan setelah digunakan dalam usaha pembersihan nuklir, setelah tragedi pembangkit listrik pada tahun 1986.

Benda itu dibuang di hutan di luar Pripyat, kota hantu yang dievakuasi setelah tragedi, dengan asa kalau tidak ada yang akan menemukannya.

Kendati demikian, sejumlah pengunjung yang hadir ke zone bebas hanya terbatas udah menemukannya. Termasuk juga arkeolog Australia dan spesialis Chernobyl, Rob Maxwell. Dia mengatakan terhadap News.com.au kalau, barang itu ‘sangat radioaktif dan berbahaya’.

Menjelaskan apa yang terjadi 33 tahun lalu, Maxwell mengatakan cakar penggali udah bersentuhan dengan bahan yang amat beresiko setelah tragedi.

Grafit dan bahan bakar yang amat radioaktif meledak dari reaktor. Bahan beresiko itu udah menyebar di atap rumah paling dekat, dan cakar itu digunakan untuk membersihkannya.

“Cakar ini ikut serta dalam semua bahan radioaktif sungguh-sungguh karena menempatkan materi kembali pada pokok. Ada banyak hal di zone ini hari yang kontaknya untuk waktu lama tentunya akan membunuhmu, dan cakar itu jelas yang paling beresiko dari semua,” tukasnya.

Disaat ia menemukan cakar penggali, ia membaca Geiger sebelum dengan cepat menjauhinya.

Ia mengatakan ada sekumpulan kendaraan yang dibiarkan dan robot di wilayah itu, disaat faksi berkuasa mengupayakan mati-matian untuk meredam tragedi nuklir.

Baca Pula: Selesai Menelan Anjing, Piton Besar Ini Terjerat di Lubang Drainase

Beberapa petinggi Soviet bahkan menggunakan alat mahal yang udah didesain dengan biaya besar untuk datang di Bulan, tukasnya.

Minat pada Chernobyl udah bertambah tahun ini, setelah keberhasilan serial TV HBO yang amat terkenal tentang tragedi.

Popularitas serial tv ini udah menimbulkan lonjakan kunjungan, ke zone eksklusi dan kota hantu Pripyat.

Ledakan itu terjadi dini hari tanggal 26 April 1986 disaat lonjakan listrik yang tak terduga menyebabkan sekumpulan ledakan, yang melepas radiasi ke atmosfer lebih dari 400 kali lebih berlebihan daripada bom atom Hiroshima.

Terkecuali itu, lebih dari lima juta orang udah tinggal di tanah yang memiliki radiasi di sekitar wilayah itu, dalam 33 tahun sejak itu.

Kurang lebih 116.000 orang dievakuasi secara permanen dari zone eksklusi, di sekitar pembangkit listrik. Serta desa-desa dan kota-kota sisa untuk dihancurkan.

Tingkat radiasi di wilayah itu masih terlalu tinggi untuk dihuni manusia. Namun sejumlah satwa liar udah kembali pada wilayah itu. (ndi)

LEAVE A REPLY