Ilustrasi kereta api.
Ilustrasi kereta api.

IDNEWS.CO.ID – Pada Senin 8 Juni 2020, Jakarta memasuki masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penerapan kenormalan baru mulai dilakukan secara bertahap dengan membuka beberapa pusat aktivitas publik hingga perkantoran. Dengan begitu, maka jumlah penumpang KRL diperkirakan akan turut melonjak.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih akan tetap memberlakukan pembatasan-pembatasan seperti jumlah penumpang yang dibatasi hanya 60-65 penumpang, untuk menghindari terjadinya penyebaran virus corona.

Untuk penambahan kereta, VP Corporate Communication KCI Anne Purba menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan kereta-kereta kosong untuk stasiun-stasiun kecil di dekat Stasiun Bogor untuk mengurangi kepadatan penumpag di Stasiun Bogor. Kereta-kereta kosong disiagakan di Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, dan Stasiun Citayam.

“Kita berikan KRL kosong. Agar tidak terjadi penumnpukan dan mengurai kepadatan,” kata Anne Purba, pada Sabtu 6 Juni 2020.

Selama ini, jelas dia, kereta yang beroperasi adalah yang terjadwal. Namun untuk antisipasi kepadatan karena jam kerja juga sudah mulai, kereta-kereta di Dipo akan disiapkan. Jika penumpukan di stasiun-stasiun tersebut terjadi, maka kereta kosong akan diberangkatkan untuk mengangkut penumpang di stasiun itu.

Termasuk di Bekasi yang, menurutnya, banyak kepadatan penumpang di stasiun tertentu. Maka opsi mengirimkan kereta kosong bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan para penumpang.

“Kalau yang ini kita melihat kondisi KRL bisa di keluarkan dari Dipo. Tapi untuk antisipasi belajar dari PSBB kemarin seperti Tambun kita antisipasi kirim KRL kosong sehingga bisa terangkut,” jelasnya.

Antisipasi lain yang disiapkan adalah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, yakni menyiapkan bus-bus gratis agar konsentrasi masyarakat tidak hanya pada KRL tetapi juga lewat jalur bus. Bus gratis itu akan membawa penumpang tujuan Bogor-Jakarta dan Bekasi-Jakarta. Nanti juga disiapkan di Stasiun Manggarai dan Stasiun Sudirman untuk tujuan ke wilayah itu.

Untuk itu, Anne mengatakan PT KCI mengimbau masyarakat pengguna KRL untuk tetap mematuhi segala aturan yang sudah diterapkan di KRL selama masa pandemi Covid-19 seperti beberapa marka yang sudah dibuat, dan harus dipatuhi. (fat)

LEAVE A REPLY