Aktivis HMI di Mataram menggalang dana untuk Baiq Nuril, Minggu, 7 Juli 2019.

IDNEWS.CO.ID – Mahkamah Agung sah menolak permintaan pengkajian kembali Baiq Nuril. Sekarang, ibu tiga anak itu sah dipidana enam bulan penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan penjara.

Orang sebelumnya telah menolong memperingan beban Baiq Nuril, korban pelecehan yang dijaring hukum dengan menggalang dana melalui Kitabisa.com. Sampai selama ini baru terkumpul uang Rp375 juta. Masih kekurangan Rp125 juta.

Himpunanan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram, berinisiatif melakukan penggalangan dana untuk menutupi kekurangan denda yang akan dibayar Nuril pada negara. Aktivis menggalang dana di acara car free day di Udayana, Kota Mataram, Minggu, (7/7/2019).

Ketua Umum HMI Cabang Mataram, Andi Kurniawan, mengatakan aksi itu sebagai bentuk rasa solidaritasnya pada keadilan hukum yang masih tebang pilih dan dianggap zalim, pula sisi dari protes atas meredupnya dominasi hukum pada Baiq Nuril.

“Aksi pengumpulan koin ini, sebagai bentuk tanggapan kita atas ketentuan Mahkamah Agung yang menolak usaha hukum menakjubkan atau PK pada Baiq Nuril, yang mana ketentuan sebelumnya beri hukuman 6 bulan penjara dengan denda 500 juta rupiah, subsider tiga bulan kurungan, itu amat tidak benar,” ujarnya.

“Sebab kalaupun diperhatikan peristiwa hukum dan bukti-bukti yang memperkuat bukti hukum yang ke arah pada rangkaian peristiwa sebenarnya itu tidak ada bukti kalau korban melanggar undang-undang ITE. Untuk kami ibu Nuril telah didzolimi,” ujarnya.

HMI amat menyayangkan ketentuan yang dikeluarkan MA. Ketentuan itu menurut dia amat meredupkan semangat pelacak keadilan dan maksud hukum.

“Yang dilakukan lembaga peradilan harus benar-benar mencermati tiga maksud hukum adalah keputusan hukum, kefaedahan dan keadilan. Perkara ini betul-betul berubah menjadi atensi spesial kita, prihatin atas tabiat hukum kita ini hari,” ujarnya.

Tindakan penggalangan koin untuk Baiq Nuril diterima gairah orang. Mereka memberikan uang seadanya sebagai suport pada Baiq Nuril. (ndi)

LEAVE A REPLY