Kesha Ratuliu Foto: Dream.co.id

IDNEWS.CO.ID – Kesha Ratuliu diterpa kabar tidak menyenangkan. Sempat dikira hamil karena membagikan foto hasil USG, ternyata aktris 21 tahun tersebut menderita tumor di bagian payudaranya.

Foto USG tersebut ternyata bukan dari bagian rahimnya, tapi dari payudara sebelah kanannya. Diungkap Kesha dalam unggahan di Instastory-nya, benjolan tersebut sudah berukuran 3 cm.

Tapi Kesha Ratuliu belum bisa memastikan penyakit yang dideritanya itu apakah tumor atau kista. Pasalnya, Kesha belum berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Meski demikian, keponakan Mona Ratuliu itu mengingatkan untuk lebih waspada dengan penyakit tersebut.

Unggahan tentang tumor payudaranya itu sengaja dibagikan Kesha Ratuliu untuk lebih meningkatkan kesadaran para wanita akan penyakit itu. Dia pun menunjukkan cara bagaimana melakukan langkah-langkah sadari penyakit ini dengan memeriksa bagian payudaranya sendiri di rumah.

“Dan kenapa sih kok di share di story? Karena sebagian besar yang follow aku adalah wanita jadi aku pengen kalian tau kalo ‘SADARI’ itu penting. Apasih sadari itu? Periksa payudara sendiri yang bisa dilakukan dirumah. Caranya gampang banget kok,” kata Kesha Ratuliu di unggahannya.

Lebih lanjut, wanita yang baru berhijab ini menjelaskan kenapa dia bisa terserang tumor atau kista pada bagian payudara. Menurutnya, Kesha merupakan tipe wanita yang kelenjar payudaranya besar, sehingga mudah terkena tumor atau kista. Bersyukur, benjolan tersebut berada di arah jam 2 yang berarti Kesha mengetahui lebih cepat jika ada yang mengganjal.

“Aku adalah tipe yang kelenjar payudaranya besar besar jadi lebih gampang tumor atau kista tumbuh dipayudaraku. Dan beruntungnya benjolan ini ada di arah jam 2 payudara kananku jadi aku tau lebih cepat kalau ada benjolan. Dan setelah di check ternyata sudah 3 cm jadi lumayan besar menurutku,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, mantan kekasih Wafda Saifan itni uga membagikan informasi tentang ciri-ciri tentang tumor payudara jinak sesuai dengan pengalamannya.

“Ciri-ciri tumor payudara jinak, punyaku sih sesuai dokter radiologi katanya jinak tapi belum tau bener atau ngga karna belum ketemu sama dokter ongkologinya. Kalo kalian itu tepinya lumayan jelas kan? Itu salah satu cirinya kalo tumornya jinak, Bisa diraba dan kenyal, Mudah digerakan jadi kalo diraba pame dua jari dia bergerak-gerak ga stay gitu,” sambung Kesha.

Aktris cantik ini juga sempat mengatakan pertama kalinya tahu kalau dia menderita tumor adalah karena adanya rasa sakit di bagian payudaranya hingga akirnya muncul benjolan.

“Banyak banget yang nanya gmn aku bisa notice, karna punyaku ini nyut-nyutan tapi cuma di daerah yang ada benjolannya. Pas aku pegang ternyata ada benjolan. Tapi ada juga yang enggak sakit makanya penting banget sadari tuhh atau liat ciri-cirinya yang lain, kaya puting kalian mengeluarkan cairan ga saat ditekan, payudara kan memang lebih besar sebelah kiri tapi pastiin wajar ga besar sebelahnya, gatal/tidak. Banyak ciri-ciri lain semoga sharing kali ini bener-bener bermanfaat untuk kalian yaa,” tutup Kesha Ratuliu.(ria)

LEAVE A REPLY