IDNEWS.CO.ID – Puluhan jurnalis dari berbagai media di Provinsi Maluku Utara, Jumat, 10 April 2020, menjalani tes cepat (rapid test) virus corona atau Covid-19. Pelaksanaan tes dilakukan di pusat Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Corona Provinsi Maluku Utara, pukul 09.00 WIT.

Jurnalis yang mengikuti tes tahap pertama sebanyak 30 jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik hingga siber yang dilaksanakan di Hotel Said Bela Internasional Ternate.

Sementara, tahap kedua direncanakan pukul 14.00-17.00 WIT. Juru bicara gugus tugas percepatan Covid-19 Maluku Utara, dr. Rosita Alkatiri, mengaku rapid test khusus jurnalis itu sebagai langkah antisipasi dan memastikan bahwa jurnalis yang melakukan peliputan Covid-19 di Malut benar-benar tidak terpapar Covid-19.

“Juru bicara Covid-19, dr. Rosita Alkatiri mengatakan rapid test ini sebagai langkah pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.Apalagi profesi wartawan rentan tertular karena merupakan garda terdepan dalam melakukan liputan hingga ke lapangan,” ujarnya.

Dari hasil tes yang dilakukan ke-30 jurnalis menunjukan non reaktif (negatif). Tim medis nantinya akan menyampaikan hasil pemeriksaan secara resmi Sabtu (11/4/2020).

Kontributor Antara Maluku Utara, Alfatah, mengapresiasi pelaksanaan tes tersebut. Ia menyatakan sebagai jurnalis selalu melakukan penyajian informasi ke khalayak perkembangan penanganan wabah Covid-19 tentunya ada pencegahan dini, salah satunya menjalani rapid test.

“Seluruh wartawan saat menjalani tes dinyatakan negatif dan ini bisa memberikan kepercayaan kepada publik bahwa teman-teman jurnalis di Malut dalam kondisi sehat,” tuturnya. (fat)

LEAVE A REPLY