Petinju legendaris dunia, Mike Tyson

IDNEWS.CO.ID – Legenda tinju dunia, Mike Tyson adalah seorang mualaf. Mantan juara dunia kelas berat ini memeluk Islam pada 1993, saat dipenjara karena kasus pemerkosaan terhadap Desiree Washington.

Saat mengucap dua kalimat syahadat, Tyson memiliki nama Islam yakni Malik Abdul Aziz. Ada sumber lain menyebutkan, nama Tyson usai memeluk Islam adalah Malik Shabazz.

Kedua nama tersebut memiliki arti yang sangat indah. Malik Abdul Aziz berarti Hamba Allah yang memiliki kemuliaan dan kekuatan.

(Baca juga: Penyebab Nama Islam Mike Tyson Tak Sepopuler Muhammad Ali?)

Sementara itu, nama Malik Shabazz juga tak kalah indah. Malik berarti raja atau pemilik. Sedangkan Shabazz berasal dari dua suku kata bahasa Arab, yakni sha’b yang berarti orang dan ‘azz yang berarti perkasa atau mulia.

Legenda tinju dunia, Mike Tyson

Dengan demikian, Malik Shabazz bisa berarti orang yang perkasa atau mulia.

Sayangnya, publik tak banyak yang tahu mengenai nama Islam Mike Tyson ini. Sebab, The Iron Mike memang lebih memilih memakai nama aslinya saat berada di atas ring.

“Itu keputusan Tyson. Dia tenar sebagai Tyson dan jatuh sebagai Tyson,” kata mentor spritual Tyson, Muhammad Siddeeq dilansir Deseret News.

“Dia ingin kembali bangkit menggunakan nama Mike Tyson. Tapi, dia keluar penjara sebagai orang yang lebih kuat, lebih baik, dan bijak,” lanjutnya

LEAVE A REPLY