Roket lepas landas membawa wahana Chandrayaan-2 ke Bulan

IDNEWS.CO.ID – Badan antariksa India, Indian Ruang Research Organisations atau ISRO sukses mengeluarkan roket yang bawa wahana antariksa, Chandrayaan-2 ke Bulan. Peluncuran telah dilakukan pada Senin (22/7/2019) di Satish Dhawan Ruang Center, India, siang waktu ditempat.

Misi peluncuran wahana ke Bulan yang berbiaya US$146 juta atau lebih dari Rp2 triliun ini terbilang sebagai misi paket irit. Diambil dari laman The National, misi ini akan mengirim wahana pendarat itu ke Kutub Selatan satelit alami Bumi itu. Kalau kelak tiba mulus, wahana Chandrayaan-2 akan pelajari kedatangan air di Kutub Selatan Bulan.

Misi ini termasuk tiga wahana ruang angkasa yang tidak sama, pengorbit yang pelajari Bulan dari orbit 100 kilometer, wahana pendarat misi ini yaitu Vikram dan wahana pelacak dinamakan Pragyan. Ke-3 wahana itu menggunakan 13 instrumen yang tidak sama, termasuk bawa reflektor NASA untuk pelajari kutub selatan.

Terlepas landasnya roket pembawa Chandrayaan-2 ini disaksikan oleh ribuan pirsawan dan ditayangkan secara langsung melalui layanan streaming.

Kemajuan ini berubah menjadi obat untuk gagalnya peluncuran Chandrayaan-2 pada Minggu 14 Juli 2019. Waktu itu, misi mengalami masalah tekhnis dan akhirnya ISRO tunda peluncuran Chandrayaan-2 ke Bulan.

Perdana Menteri India, Narednra Modi menyaksikan keberhasilan terlepas landasnya roket pembawa misi ke Bulan itu. Melalui cuitan di akun Twitternya, Modi menyampaikan selamat pada rakyat Negeri Bollywood.

“Peluncuran Chndrayaan-2 ini perlihatkan keberanian ilmuwan kita dan determinasi dari 130 ahli kita untuk menaikkan batas baru ilmu dan pengetahuan. Semua masyarakat India benar-benar bangga ini hari,” cuit Modi.

Chandrayaan-2 rencananya akan menggunakan 16 hari mengorbit Bumi sebelum siap-siap tiba ke Bulan. Demikian sampai disana, mereka akan menggunakan 27 hari di orbit Bulan, dan lantas membebaskan Vikram dan Pragyan.

Chandrayaan-2 merupakan generasi penerus dari misi mereka yang pertama, yang dikeluarkan ke orbit Bulan pada 2008. Misi itu menunjang menemukan keberadaan molekul air di Bulan.

Kalau sukses, misi Chandrayaan-2 akan berubah menjadi negara keempat yang mendaratkan misinya di satelit alami Bumi. Idenya misi India itu akan menjajaki kutub selatan Bulan. Negara yang telah tiba di Bulan adalah Amerika Serikat, Rusia dan China. (ndi)

LEAVE A REPLY