Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), sscasn.bkn.go.id telah dibuka pada Senin pukul 00.00 WIB, 11 November 2019. Tetapi pendaftaran online atau daring baru bisa dilakukan mulai malam nanti, pukul 23.11 WIB.

Dengan demikian, siang ini belum bisa dibuka karena alasan masih dilakukan validasi dan menunggu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono membenarkan kalau pendaftaran CPNS 2019 belum bisa diakses siang ini.

“Iya betul (belum bisa diakses siang ini). Baru dibukanya nanti malam pukul 23.11 WIB,” kata Paryono saat dihubungi pada Senin, 11 November 2019.

Ia menjelaskan bagi masyarakat atau pelamar mau mendaftar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, proses validasi formasi masih ada beberapa yang bermasalah sehingga perlu diperbaiki atau revisi.

“Kita juga masih menunggu Permenpan mengenai passing grade,” ujarnya.

Karena, kata dia, peserta kategori P1/TL (peserta lolos passing grade Seleksi Kompetensi Dasar/SKD) pada tahun 2018 itu bisa menggunakan nilainya untuk mendaftarkan CPNS pada 2019. Jadi, hasil SKD tahun lalu kalau posisinya P1/TL, maka itu bisa digunakan untuk tahun ini.

“Nanti tinggal pilih mau ikut atau tidak, tapi itu harus ada passing grade yang sekarang. Makanya, itu yang menyebabkan kenapa dibukanya sampai malam ini untuk jaga-jaga saja. Kalau misalnya, sudah kita tentukan, oh jam 11 tapi ini Permenpan-RB belum ada, itu juga belum bisa,” tuturnya.

Ia mengatakan, saat ini proses validasi sedang dilakukan perbaikan sambil menunggu diterbitkannya Peraturan PAN-RB oleh Menpan-RB Tjahjo Kumolo. Menurut dia, kabarnya siang ini dikeluarkan peraturan tersebut.

“Jadi begitu Permenpan-RB dikeluarkan, mengenai passing grade itu sudah siap mengenai validasi juga sekarang sedang dilaksanakan. Jadi sambil running,” kata dia.

Ia menambahkan sekarang dari instansi yang sudah siap itu sekitar 300 instansi, baik pusat maupun daerah. dengan demikian, sekitar 200 instansi lagi yang perlu divalidasi.

“Kalau siang ini masuk, semoga nanti malam bisa siap semua. Kalau masyarakat sekarang mereka sudah bisa masuk, tapi hanya bisa melihat formasi dulu. Jadi hanya melihat-melihat saja belum bisa mendaftar, apa saja sih formasi yang tersedia,” ujar dia.

Paryono pun mengingatkan kepada calon pelamar untuk mengakses informasi masing-masing instansi yang akan di-update setiap satu jam sekali di situs sscasn.bkn.go.id. Dia berharap supaya pelamar membaca dan memahami lebih dulu semua ketentuan pendaftaran dalam situs tersebut.

“Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yang tersedia, silakan buka kanal Frequently Asked Question (FAQ) dalam portal yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar,” ujarnya.

Di situs SSCASN memuat daftar formasi CPNS, meliputi nama instansi, jabatan, pendidikan, jenis formasi, dan jumlah formasi. Itu semua termuat dalam kolom layanan informasi di kanan atas halaman portal.

Karena itu, kata dia, sebaiknya calon pelamar mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 pada kolom Alur di situs supaya memahami alur pendaftaran dan tata cara registrasi di situs SSCASN. Nah, jika ingin mengadu, kamu juga bisa menggunakan layanan helpdesk daring di situs SSCASN.

Jika penjelasan FAQ dan helpdesk daring tidak memberikan solusi bagi pelamar, BKN juga membuka layanan helpdesk luring atau offline di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No 12, Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN.

Adapun pembukaan pendaftaran dibuka sampai 24 November 2019, sedangkan pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan pada 16 Desember 2019. Sementara masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka 16-19 Desember, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember 2019. (fat)

LEAVE A REPLY