Ilustrasi Berdoa. Foto: Rislah.com

IDNEWS.CO.ID – Doa adalah rayuan, permintaan atau permohonan yang kita sampaikan kepada Allah swt tuhan seluruh alam. cara berdoa didalam islam yaitu dengan menadahkan kedua tangan dengan telapak tangan menghadap keatas.

Kita sebagai manusia biasa yang lemah pastilah pernah atau bahkan sering berdoa memohon sesuatu kepada Allah SWT. Kebanyakan doa / permintaan yang sering di panjatkan oleh manusia termasuk juga saya selain dari sesuatu yang berhubungan dengan akhirat adalah keinginan yang berhubungan dengan masalah dunia. Seperti rezeki, kesuksesan, kecerdasan dan lain sebagainya.

Mustahil rasanya jika melakukan sebuah usaha namun tak di sandingi dengan doa. Dan mustahil juga rasanya jika menunggu terkabulnya doa tanpa di barengi dengan usaha. Bayangkan anda memohon rezeki berlimpah, tetapi anda tidak bekerja karna malas. Ingat” Karna Malas” maka tidak mungkin rezeki datang begitu saja turun dari langit.

Begitu juga jika berusaha namun tak di barengi dengan doa Itu berarti anda sombong. Seolah olah anda tidak membutuhkan bantuan dari Allah untuk menyelesaikan apa yang anda inginkan. Itulah sebabnya anda selalu gagal dalam mencapai keinginan tersebut.

Berdoa lah, katakanlah kepada Allah apa yang kita inginkan. Jangan sungkan untuk berdoa meskipun bergelimang dosa.

Karna topik kita pada artikel ini adalah Waktu Yang Tepat untuk berdoa agar cepat di kabulkan, dan karena doa adalah hal yang sangat penting bagi kita yang percaya bahwa tuhan itu ada. Maka disini saya akan menyampaikan sedikit ilmu yang saya ketahui tentang Waktu waktu Mustajab untuk Berdoa.

Mohon maaf Jika terdapat kesalahan didalamnya dan saya berharap anda menghubungi saya segera jika menemukan sebuah kesalahan.

Berikut ini adalah beberapa waktu terbaik untuk berdoa agar dikabulkan oleh Allah :

1. Sepertiga Malam Terakhir (Waktu sholat Tahajud)

Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling bagus untuk melaksanakan shalat sunnah Tahajud. Laksanakan shalat sunnah Tahajud terlebih dahulu lalu di lanjutkan berdoa setelahnya. Coba bayangkan waktu dimana banyak orang yang tertidur lelap, tetapi anda justru bangun untuk berdoa.

Di dalam hadist Rasulullah, beliau menyebutkan bahwa pada waktu sepertiga malam terakhir, Allah swt turun kelangit dunia dan berseru kepada hamba-Nya siapa yang berdoa kepada-Nya maka niscaya akan Dia kabulkan.

2. Setelah melaksanakan Shalat

Shalat adalah waktu dimana seorang hamba bertemu dengan sang pencipta, waktu dimana kita melupakan segala urusan dunia dan hanya ingat kepada Allah, Itulah mengapa setelah shalat adalah waktu yang baik untuk berdoa.

3. Ketika sujud dalam Shalat

Sujud adalah waktu dimana kita sangat dekat dengan Allah. Maka dari itu perbanyaklah berdoa di dalam sujud.

4. Ketika Adzan berkumandang

Selain di anjurkan untuk menjawab adzan ketika adzan berkumandang. Ternyata itu juga termasuk waktu yang bagus untuk berdoa. Sebagaimana di dalam hadist Rasulullah saw. Beliau mengatakan bahwa pada waktu itu tidak akan ditolaknya atau sedikit kemungkinan tertolaknya doa yaitu ketika adzan berkumandang.

5. Di antara adzan dan iqamah

Waktu jeda antara adzan dan iqamah sering kita temui di waktu shalat wajib subuh, zuhur, ashar dan isya. Sedangkan magrib seumur hidup saya tidak pernah jumpa, karna setelah adzan berhenti beberapa detik dan akan langsung di lanjutkan dengan iqamah mungkin karna waktu shalatnya yang sedikit.

Jeda antara adzan iqamah bukan hanya waktu untuk mengerjakan shalat sunnah rawatib qabliyah saja, melainkan juga termasuk waktu yang baik untuk berdoa.

6. Ketika berpuasa

Berpuasa memiliki banyak sekali keistimewaan di dalamnya. Dan salah satu keistimewaan untuk orang yang melaksanakan ibadah puasa adalah di kabulkan doa nya.

7. Di malam lailatur qadar

Malam lailatur adalah malam yang sangat sangat istimewa malam ini hanya ada satu kali selama setahun yaitu di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan. Saking istimewanya malam itu sampai sampai tidak ada yang tau pasti malam ramadhan ke berapa adanya.

Yang jelas malam lailatur qadar ini berada di antara sepuluh malam terakhir ramadhan dan berada di antara malam ganjil seperti malam ke duapuluh satu, duapuluh tiga, duapuluh lima, duapuluh tujuh dan duapuluh sembilan.

Mengapa istimewa? Karna siapa saja yang beribadah pada malam itu maka pahalanya melebihi dengan mengerjakan ibadah tersebut selama 1000 bulan lamanya. Dan ada juga ulama menafsirkan bahwa kata 1000 bulan itu sebagai isyarat yang berarti sepanjang hari atau tak terhingga.

Selain bagus untuk beribadah, malam lailatur qadar ternyata juga bagus untuk berdoa.

8. Pada hari jum’at

Berbicara tentang waktu Mustajab untuk berdoa di hari jum’at ternyata Ada 4 pendapat yang berbeda tentang kapan waktu untuk berdoa di hari jum’at tersebut.

Pertama, Ketika Khatib naik mimbar sampai selesainya shalat jum’at.

Kedua, Setelah waktu ashar sampai terbenamnya matahari.

Ketiga, yaitu setelah ashar, tapi di akhir akhir hari jum’at. (hampir sama dengan nomor 2)

Keempat, yaitu menggabungkan ketiga pendapat di atas. Dengan demikian agar seseorang memperbanyak doanya di hari jum’at tidak pada beberapa waktu saja.

9. Ketika turun hujan

Hujan adalah rahmat dari allah swt. Itulah mengapa tidak baik apabila kita mencela hujan yang turun. ketika hujan turun juga salah satu waktu terbaik untuk berdoa. Apalagi untuk seseorang yang terhalang aktivitas pentingnya karna hujan, seperti para pelajar, para pekerja, para pedagang dan lain-lain. Untuk seorang pelajar, guru sekolah juga mengerti bahwa tidak ada kata terlambat walaupun anda pergi lama karna menunggu hujan reda.

10. Di hari Arafah

Hari Arafah adalah hari dimana para jama’ah haji melaksanakan wukuf di padang arafah. Tepatnya tanggal 9 dzulhijjah. Pada hari itu dianjurkan bagi jemaah haji dan seluruh kaum muslimin untuk berdoa.

11. Ketika di Zholimi

Sesungguhnya doa orang yang di zholimi itu cepat di dengar dan di kabulkan oleh Allah swt. Jadi berhati hatilah ketika anda ingin menzholimi orang. Lagian apa gunanya bagi kita menzholimi orang lain?, lebih baik menggunakan waktu untuk berbuat baik dan menjauhi dosa kepada sesama manusia.

12. Ketika perang berkecamuk

Salah satu keistimewaan pergi jihad berperang di jalan Allah swt selain jika mati di anggap syahid, ternyata doa orang yang sedang berjihad tersebut di ijabah oleh Allah swt.

LEAVE A REPLY