Aplikasi klikdokter.

IDNEWS.CO.ID – Hidup sehat merupakan dambaan untuk semua orang yang biasa kita lakukan sehari-hari. Mulai dari berjalan, makan-makanan yang sehat, tidur yang cukup, dan berbuat baik juga masuk dalam kategori hidup sehat karena memberikan senyuman kepada sesama. Hidup sehat ialah yang diinginkan semua orang.

Banyak sekali tips-tips kesehatan yang sudah kita dengar dari berbagai sumber. Namun, banyak yang tidak memedulikannya dan di anggap sebagai angin lewat. Sesungguhnya langkah nyata yang kita butuhkan untuk memulainya.

Nah, untuk membangun tubuh yang kuat dan sehat, cobalah untuk memulainya dengan lima cara mudah berikut ini.

1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kebersihan dan kesehatan sangat berhubungan erat. Mustahil rasanya bila Anda ingin membentuk keluarga yang sehat, tetapi perilaku Anda dan pasangan. Misalnya jarang mandi, malas cuci tangan, rumah jarang dibersihkan, sering meludah sembarangan, dan lain-lain. Jika begini, penyakit pasti akan rutin menyambangi rumah Anda.

Ingat, daya tahan tubuh anak-anak tidak sebaik orang dewasa pada umumnya. Apabila Anda termasuk orang tua yang cuek terhadap kebersihan, risiko si Kecil untuk tertular penyakit – mulai dari diare hingga penyakit infeksi berat – akan semakin tinggi.

2. Selalu memperhatikan asupan makanan 

Makanan bergizi lengkap dan seimbang adalah modal awal untuk tubuh yang sehat. Pastikan menu makan Anda terdiri atas karbohidrat, protein, serta lemak sehat.

“Sebagai sumber karbohidrat, ada nasi, roti, kentang, serealia, ubi. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, dan telur, sementara protein nabati Anda bisa dapatkan dari tahu, tempe, kacang-kacangan. Sebagai sumber lemak sehat, Anda dapat gunakan minyak zaitun atau minyak jagung untuk mengolah makanan,” papar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari Klikdokter.

Jika ada keterbatasan biaya, tak apa jika masih mengandalkan minyak kelapa sawit, asal tidak menggunakannya secara berulang. Selain itu juga meminimalkan memasak dengan metode deepfry.

3. Sayur dan buah tak boleh absen

Keluarga Indonesia kerap melupakan sayur dan buah. Pasalnya, sayur dan buah tidak dianggap menjadi makanan ‘wajib’, sehingga jarang dihidangkan di meja makan. Fenomena ini turut didukung oleh data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bahwa lebih dari 90 persen penduduk yang berusia di atas 10 tahun kurang makan sayur dan buah.

“Jumlah tersebut sangat kecil dan jauh dari angka yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni 400 gram setiap harinya,” tutur dr. Sepriani.

Agar Anda makin semangat makan sayur dan buah, ingat selalu bahwa vitamin, mineral, serta antioksidan dalam buah dan sayur sangat penting untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

4. Sering liburan dan beraktivitas fisik bersama

Jangan pernah melupakan aktivitas fisik bila Anda ingin membentuk gaya hidup sehat. Nah, apabila yang dituju adalah sehat fisik dan mental, maka yang bisa Anda lakukan adalah sering liburan sehat bersama teman atau keluarga. Misalnya saja, mendaki gunung, agrowisata, bersepeda dan berenang di lingkungan vila, yoga di pinggir pantai yang sepi, dan lain sebagainya. Lagi pula, liburan tak melulu identik dengan petualangan kuliner yang tak sehat, lho!

5. Meninggalkan kebiasaan buruk yang tidak sehat

Ubahlah kebiasaan buruk yang menyebabkan kita dan orang lain menjadi tidak sehat. Misal: diam tidak melakukan aktivitas, begadang, merokok dan melakukan sesuatu yang dilarang agama sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain.

Nah, di era digital seperti ini tentu membangun gaya hidup sehat pun sudah semakin mudah. Kamu bisa mengakses informasi seputar kesehatan dimana pun dan kapanpun kamu mau. Salah satunya dengan mengakses informasi seputar kesehatan melalui situs www.klikdokter.com.

Klikdokter adalah aplikasi kesehatan yang membantu masyarakat Indonesia untuk  mempermudah hidup sehat. Sejak berdiri dari tahun 2008, Klikdokter telah menjalankan visi dan misi untuk menyediakan informasi, edukasi medis untuk seluruh lapisan masyarakat.

Artikel kesehatan di situs Klikdokter dibuat oleh tim redaksi yang terdiri atas dokter-dokter yang memiliki kompetensi di bidangnya. Klikdokter menyelaraskan dengan kepentingan pihak otoritas kesehatan Indonesia, mengedepankan kerukunan, kesejawatan dan kesantunan, serta menjunjung tinggi etika profesi kedokteran Republik Indonesia. 

Klikdokter juga menjalin kerjasama dengan KKI (Konsil Kedokteran Indonesia), ILUNI FK (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Indonesia), ILUNI FKG (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan organisasi medis lainnya. Hasilnya Klikdokter pun menduduki peringkat atas di Indonesia sebagai media informasi dan edukasi medis.

Selain mengakses melalui situs www.klikdokter.com, Anda juga bisa men-download aplikasinya di Play Store dan App Store. 

Nikmati beragam fitur layanan kesehatan:

  • Gratis konsultasi dengan dokter (livechat 24 jam)
  • Informasi lengkap tentang kesehatan (artikel kesehatan)
  • Informasi dokter dan rumah sakit (direktori dokter & rumah sakit)
  • Kamus obat dan penyakit (direktori obat dan penyakit)
  • Tebus resep obat jadi mudah (layanan pengantaran obat)
  • HealthTools (Kalender Kehamilan dan Kesuburan)

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.klikdokter.com.

 

LEAVE A REPLY