Pelatih Persija Jakarta Sergio Farias. Foto: Indosport

IDNEWS.CO.ID – Sergio Farias resmi menjadi pelatih Persija Jakarta untuk musim kompetisi 2020. Sergio adalah pelatih berkebangsaan Brasil.

Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus mengungkapkan alasan memilih pelatih berkebangsaan Brasil. Ia menyebutkan, pelatih asal Brasil lebih sering sukses di kompetisi Indonesia.

Persija ketika juara Liga 1 tahun 2018 dilatih oleh Stefano ‘Teco’ Cugurra yang berasal dari Brasil. Teco kemudian membawa Bali United juara Liga 1 musim lalu.

“Calon pelatih tidak melebar ke mana-mana, semua dari Brasil. Berkaca dari keberhasilan tim-tim Indonesia yang jadi juara, rata-rata karena pelatih dari Brasil,” kata Ferry, di Jakarta, Senin (13/1/2020).

“Memang dari calon yang menyerahkan CV, terutama mereka yang berasal dari Brasil, setelah dikristalisasi, Sergio yang paling baik,” tambahnya.

Rekan jejak Sergio di dunia kepelatihan memang cukup panjang. Tahun 2007 ia membawa Pohang Steelers juara Liga Korea, Piala FA Korea 2008 dan Piala K-League 2009. Sergio juga membawa Pohang Steelers juara Liga Champions Asia 2009.

“Memang memilih pelatih lebih banyak saya yang melakukan, tapi ada komite yang ikut menentukan hal itu. Semua memberikan opini yang sama dan kami meyakini dirinya,” jelas Ferry.

“Harus diakui profesi Sergio sebagai pelatih yang memiliki reputasi juara dan mengenal sepakbola Asia Tenggara juga berpengaruh. Semua ada plus dan minusnya, tapi pemilihan Sergio sebagai pelatih adalah yang terbaik,” katanya. (ach)

LEAVE A REPLY