Ilustrasi ac mobil. Foto: TeknikHidup.com

IDNews.co.id – Yang menimbulkan AC mobil tidak dingin banyak faktor. Satu diantaranya freon yang sudah mulai menipis. Nah, saat isi freon mobil selayaknya hati-hati biar tidak salah.

Karena, jika freon yang diisi tidak cocok akan mengundang udara dingin berlebihan dan kerusakan pada komponen AC.

Pemilik bengkel servis AC mobil dari Maju Lestari, Ari mengatakan, di antara yang menimbulkan utama sistim AC mobil cepat bocor, dan udara dinginnya berlebihan karena salah isi freon. Setiap mobil punyai kode freon yang berlainan.

“Salah isi freon udara dingin yang disemburkan AC terlalu berlebih yang buat suhu kabin terlampau dingin. Ini tidak baik untuk kesehatan. Karena, zat kimia dan tekanannya lebih tinggi, ” tangkisnya pada wartawan Sabtu (7/7/2018).

Ia menambahkan, yang menimbulkan berbeda jika salah isi freon menimbulkan kebocoran pada selang dan karet saluran AC, dan ada banyak konsumen yang tidak sadar akan hal itu.

Ari mencontohkan, mobil jaman saat ini rata-rata kode freonnya R134a, akan tetapi berisi R12. Ini dia yang mengundang kerusakan.

“Sekarang rata-rata mobil gunakan freon R134a. Bila mobil jadul beberapa besar masih R12, sedangkan untuk AC rumah R22. Itu yang saya kenal. Mobil jaman dulu juga sempat ada yang gunakan freon R22 namun saat ini sudah gak bisa, ” katanya. (ndi)

LEAVE A REPLY