Ilustrasi Asupan Hewani. Foto: Liputan6

IDNews.co.id – Konsumsi protein hewani begitu utama untuk metabolisme badan, Namun jika jumlah konsumsi protein hewani yang masuk dalam badan lebih dari tingkat yang dibutuhkan jadi dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan.

Protein menjadi nutrisi yang begitu utama untuk badan dan peranan intinya yaitu untuk perkembangan otot, perubahan tulang dan perubahan sel. Walau demikian jika berlebihan konsumsinya beberapa hal ini dapat terjadi pada badan Anda.

1. Kemungkinan penyakit jantung

Sebagian analisa sudah tunjukkan kalau sumber protein nabati menolong melindungi jantung dengan tambah baik, sementara sumber protein hewani mengandung lemak suntuk, yang disebut penyebabnya penyakit jantung.

2. Kolesterol tinggi

Makanan tinggi protein, terlebih dari sumber hewani, tingkatkan pengerasan arteri dan menyebabkan keadaan lebih serius seperti stroke dan penyakit jantung karena konsumsi protein ini dapat menimbulkan kolesterol naik.

3. Obesitas

Sebuah studi mengatakan kalau orang yang mengkonsumsi sangat banyak protein hewani, 90 persen lebih mungkin untuk mendapatkan berat badan brlebih dan dapat menimbulkan masalah obesitas dibanding mereka yang makan lebih sedikit.

4. Keurangan kalsium

Jika Anda makan sangat banyak protein, ini akan aktifkan badan melepas asam pada badan. Badan memiliki sangat banyak protein untuk tingkatkan konsentrasi asam. Untuk menetralisir asam, badan mesti melepas kalsium fosfat, yang pada gilirannya menyebabkan badan ambil kalsium dari tulang untuk hasilkan kalsium fosfat yang cukup. Ini yaitu penyebabnya utama terjadi osteoporosis.

5. Kerusakan ginjal

Keunggulan protein hewani pada badan juga menyebabkan badan hasilkan banyak limbah nitrogen yang dengan segera memengaruhi ginjal dan membuat kadar protein tinggi dalam urin, yang menyebabkan batu ginjal.

6. Menyusutnya manfaat hati dan otak

Konsumsi protein yang berlebihan bisa pula merusak system otak dan saraf. Keunggulan protein menyebabkan badan hasilkan amonia semakin banyak, ini zat perusak hati dan otak. Jika Anda mengkonsumsi sangat banyak protein jangka waktu lama, Badan Anda mesti bekerja lebih keras, ini menyebabkan keunggulan produksi dan penambahan produksi zat beracun dalam darah. Hal itu menyebabkan manfaat otak dan system saraf alami penurunan.(ndi)

LEAVE A REPLY