Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Anda suka nonton Televisi? Kebiasaan nonton TV kadangkala membuat seseorang lupa diri, saking asyiknya nggak sadar kalau tertidur didepan TV yang sedang menyala. Sesekali sich mungkin nggak masalah, tapi akan berdampak buruk bahkan mengundang bahaya bagi kesehatan tubuh ketika ini menjadi kebiasaan yang dilakukan terus menerus. Pasti kita semua tidak ingin jika hanya gara-gara masalah sepele, lantas Anda sekeluarga harus mengalami masalah kesehatan serius?

Hem, mungkin tak banyak yang tahu beberapa bahaya kebiasaan tidur di depan TV yang menyala. Agar lebih jelasnya, simak beberapa bahaya akibat tidur di depan televisi menyala, berikut ini :

Mengalami gangguan tidur

Secara alami, manusia diciptakan untuk tidur dalam kondisi gelap, dan
terbangun saat cahaya matahari muncul dengan tubuh membuang hormone melatonin. Namun sebaliknya justru cahaya Tv dapat mengurangi produksi hormone melatonin yang dapat menyebabkan kantuk sehingga hal ini mengakibatkan seseorang mengalami masalah gangguan tidur.

Badan pegal-pegal dan gampang lelah

Berkurangnya produksi hormone melatonin juga dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman karena badan terasa gampang lelah dan pegal-pegal saat bangun tidur.

Gampang marah/emosi

Akibat masalah gangguan tidur, maka seseorang juga mengalami gangguan pada prefrontal cortex pada otaknya sehingga menyebabkan gampang marah/emosi. Bahkan lebih parahnya, jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka dapat menyebabkan depresi.

Pusing dan sakit kepala

Terlalu lama menonton TV mungkin membuat mata lelah bahkan tanpa disadari tertidur di depan TV. Meski Anda tidur, namun TV yang menyala terus menerus membuat mata, telinga dan otak terus bekerja menerima paparan cahaya dan suara TV. Alasan inilah yang membuat tubuh tidak bisa istirahat dengan sempurna yang mengakibatkan seseorang sering mengalami pusing dna sakit kepala.

Menonton TV bukanlah hal negative asalkan dilakukan dengan cara benar dan tidak berlebihan. Setelah mengetahui bahayanya tidur di depan TV menyala, pastinya kita akan berusaha mengubah kebiasaan tersebut menjadi lebih baik lagi khan? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (ria)

LEAVE A REPLY