Ilustrasi wanita-wanita Eropa hadapi cuaca panas. Foto: Liputan6.com

IDNews.co.id – Bermacam negara di Eropa dalam beberapa minggu terakhir selalu alami suhu panas berlebihan. Hawa panas di sebagian negara bahkan udah tembus rekor paling tinggi dan belum membuktikan tanda -tanda penurunan suhu.

Beberapa negara yang alami suhu panas berlebihan :

Prancis

Suhu hawa di Prancis diperkirakan mencapai puncaknya sekitar 37 derajat Celcius di Prancis selatan pada Senin, sementara wilayah utara akan lebih panas dalam hari Selasa. Dalam hari Sabtu, suhu panas di Prancis mencapai tingkat tertingginya sejak gelombang panas 2003 yang dicatat menewaskan ribuan orang yang sejumlah besar berumur lanjut saat itu.

Menteri Kesehatan Agnes Buzyn mengimbau penduduk mesti waspada menangani udara panas dan mengingatkan kalau kebanyakan orang mesti beradaptasi .

” Anda butuh minum banyak namun juga untuk makan dan mengonsumsi garam, ” kata Buzyn.

Spanyol

Di Spanyol, banyaknya korban meninggal bertambah berubah menjadi tujuh orang setelah seorang pria Jerman berumur 40 tahun ditempat ziarah Camino de Santiago (Jalan Saint James) meninggal dunia gara-gara serangan hawa panas dalam hari Minggu di wilayah timur Extremadura.

Suhu tetap tinggi terutama di tenggara dimana panas diperkirakan akan mencapai 40-42 derajat Celcius.

Portugal

Di Portugal, temperatur hawa udah dikit menyusut. Tetapi belakangan ini 1. 100 petugas pemadam kebakaran dengan dibantu 160 tentara mesti berjuang untuk mematikan kebakaran.

Monchique di Portugal selatan diselimuti awan asap tebal setelah kebakaran yang memaksa evakuasi penduduk dan memicu 24 orang terluka.

Badan cuaca ditempat mengatak an suhu hawa udah turun dibawah 45 derajat Celcius dan akan selalu turun dalam beberapa saat ke depan.

Jerman

Jerman diperkirakan akan mengalami lonjakan panas di pertengahan minggu ini berubah menjadi sekitar 39 derajat Celcius sebelum suhu mengalami penurunan. Angka sah membuktikan rata-rata suhu hawa selama April-Juli 3, 6 derajat tambah tinggi dibanding kan periode rujukan 1961-1990.

Lebih dari sejuta anak kembali lagi sekolah dalam hari Senin di tiga negara sisi Jerman, Rhineland-Palatinate, Saarland dan Hesse. Tetapi beberapa salah satunya diizinkan pulang lebih awal karena gelombang panas.

Inggris

Inggris mengalami cuaca panas tak henti di wilayah selatan dengan maksi mum 32 Celcius. Tetapi cuaca dilaporkan lebih dingin dan mendung di sisi utara.

Laporan mengatak an hujan yang terus-terusan udah menghantam pulau-pulau yang lebih terpencil di negara itu, seperti Lundy di Selat Bristol dimana populasi wilayah itu saat ini tergantung pada air paket dari daratan setelah persediaan lokal jadi kering.

Belanda

Gelombang panas udah menghantam dataran rendah Belanda seperti banyak negara beda tetapi tidak ada yang menyangka itu dapat berubah menjadi ancaman buat skema bendungan dan kanal yang terkena l di dunia yang di rancang untuk mengawasi laut di teluk.

Tingkat air udah turun benar-benar rendah hingga air laut merembes ke perairan dan Rijkswaterstaat yang mengatur skema air nasional udah buka bendungan ke pedalaman untuk menyiramnya.

Yunani

Yunani dikit lebih dingin tetapi banyaknya korban kebakaran bulan lalu di timur laut Athena bertambah berubah menjadi 91 orang karena seorang wanita berumur 95 tahun meninggal karena luka-lukanya.

Sekitar 36 orang yang lain dirawat di rumah sakit setelah bencana 23 Juli 2018 yang manakah enam salah satunya dalam situasi urgent sebagai mana dilansir Channelnews Asia. (ndi)

LEAVE A REPLY