IDNEWS.CO.ID – Ada filter baru di TikTok. Filter tersebut menggunakan flash di kamera smartphone yang diarahkan ke mata. Ini yang bikin mata pengguna bisa berdampak buta.

Dikutip dari situs Mirror, Rabu (29/1/2020), filter ini muncul setelah pengguna TikTok dengan nama Maliabroo memposting sebuah video, menunjukan filter baru yang disebut S5. Filter tersebut bisa mengubah warna mata dengan flash.

“Jika Anda memiliki mata cokelat, filter ini akan merubahnya menjadi biru. S5 dengan kamera belakang dan flash,” jelasnya dalam video.

Ia kemudian menunjukan bagaimana matanya berubah, dari semula cokelat menjadi biru. Beberapa pengguna kemudian mencobanya, tapi tidak semuanya berhasil. Mereka malah mengeluh matanya seolah-olah menjadi buta sesaat.

Filter S5 sebenarnya hanya filter yang sebelumnya sudah ada di TikTok, yang menambahkan semburat biru ke video dan sama sekali tidak mengubah warna mata penggunanya.

Namun yang jadi perhatian adalah, dengan mengarahkan flash ke mata bisa menyebabkan kebutaan flash atau pandangan yang menjadi gelap dalam waktu sementara.

Optimax Eye Surgery menjelaskan, peristiwa seperti ini disebut kebutaan kilat dan terjadi ketika cahaya terang menguasai retina. Pigmen retina untuk sementara diputihkan oleh cahaya yang terang dan akan kembali normal ketika pigmen beregenerasi.

“Namun, ketika cahaya sangat intens, luka bakar retina permanen dapat terjadi, melalui proses yang sama. Dalam hal ini, pigmen retina tidak pulih, meninggalkan titik buta kecil,” jelasnya. (ach)

LEAVE A REPLY