Trump dan Kim Jong Un saat hendak melihat The Beast. Foto: Carscoops

IDNEWS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, pertemuan tingkat tinggi dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan diadakan akhir bulan ini di Hanoi, Vietnam.

Hal ini diungkap Trump setelah para diplomat AS mengadakan pertemuan yang sangat produktif dengan para pejabat Korea Utara selama akhir pekan ini.

“Perwakilan saya baru saja meninggalkan Korea Utara setelah pertemuan yang sangat produktif, untuk menyepakati waktu dan tanggal pertemuan kedua dengan Kim Jong Un. Itu akan berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada 27 dan 28 Februari,” tulis Trump lewat akun Twitternya, seperti dilansir Channel News Asia.

Awal pekan ini, Trump mengumumkan tanggal untuk pertemuan kedua dengan Kim dan mengatakan akan digelar di Vietnam. Namun tempat spesifik untuk pertemuan belum diungkapkan.

Stephen Biegun, perwakilan khusus AS untuk Korea Utara, mengadakan pembicaraan selama tiga hari di Pyongyang (Ibu Kota Korut), untuk mempersiapkan pertemuan tersebut.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan Biegun telah sepakat untuk bertemu lagi dengan mitranya di Korut, Kim Hyok Choi, menjelang pertemuan pemimpin kedua negara.

Beigun mengatakan perundingannya dengan Pyongyang akan ditujukan untuk mencari kemajuan pada komitmen yang dibuat kedua pemimpin di Singapura dan memetakan langkah konkret untuk pertemuan kedua.

Dia mengatakan Washington (Ibu Kota AS) bersedia membahas banyak tindakan untuk meningkatkan hubungan dan membujuk Pyongyang untuk menyerahkan senjata nuklirnya serta mengakhiri Perang Korea dengan perjanjian damai. (ach)

LEAVE A REPLY