Ilustrasi neraka

IDNEWS.CO.ID – Neraka jadi tempat khusus untuk para pendosa dan pembangkang yang dipenuhi dengan siksaan pedih. Di neraka tidak ada sedikitpun kenikmatan sama sekali, meskipun itu hanya satu detik. Semuanya hanya berupa siksaan.

Dalam beberapa ayat Al-Quran, dijelaskan tentang makanan dan minuman penghuni neraka. Makanan dan minuman di neraka tidak mengenyangkan dan tidak pula menghilangkan dahaga, justru makanan dan minuman tersebut sangat menyiksa, menjijikan dan sangat bau busuk.

Simak ulasan berikut ini tentang makanan-makanan penghuni neraka yang sangat mengerikan dan menyiksa.

1. Ghislin

Ghislin bisa diartikan makanan dan juga minuman. Ghislin terbuat dari campuran darah dan nanah yang berasal dari para penghuni neraka. Orang-orang berdosa di neraka nanti akan makan ghislin.

“Dan tada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa.” (QS. Al-Haaqqah: 36-37).

Baca Juga: Pedihnya Siksaan Paling Ringan di Neraka, Tak Akan Ada yang Mampu Menahannya

2. Pohon Zaqqum

Apa itu Pohon Zaqqum? Informasi tentang pohon ini dijelaskan dalam surat Ash-Shaffaat ayat 62-67 dan surat Al Waqiah ayat 51-53.

“(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.” (QS. Ash-Shaffat: 62-67).

“Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan. Benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. (QS. Al Waqiah: 51-53).

Lalu dalam surat Ad-Dukhan ayat 43 sampai 46, dijelaskan seperti apa Pohon Zaqqum itu. “Sesungguhnya pohon zaqqum itu. Makanan orang yang banyak berdosa. Dia sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut. Seperti mendidihnya air yang sangat panas.” (QS. Ad-Dukhan: 43-46).

3. Pohon Dhari

Selain Pohon Zaqqum, penghuni neraka akan diberi makanan dari Pohon Dhari. Pohon ini digambarkan memiliki duri yang sangat keras. Ali Ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, Dhari artinya sebuah pohon yang berasal dari bara api.

“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon berduri, yang tidak menggemukan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (QS. Al Ghaasyiyah: 6-7).

4. Al-Ghassaq

Ibnu Abbas menerangkan makna ghassaq, yaitu minuman yang sangat dingin yang membuat penghuni neraka takut karena kedinginannya. Minuman ini digambarkan memiliki bau yang sangat busuk.

5. Minuman dari nanah

Minuman ini merupakan minuman mengerikan yang terbuat dari nanah. Penghuni neraka akan meminum nanah yang sangat bau busuk sampai membuatnya sangat menderita.

“Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minum dengan air nanah. Diminumnnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati, dan dihadapannya masih ada azab yang berat. (QS. Ibrahim: 16-17).

LEAVE A REPLY