Ilustrasi pesawat terbang. Foto: Kampung Ternak

IDNEWS.CO.ID – Sebanyak 1.046 jadwal penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto dibatalkan sepanjang Januari 2019. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab batalnya penerbangan tersebut

General Manger PT Angkasa Pura I Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menjelaskan, rata-rata per hari, sebanyak 40 penerbangan dibatalkan. Di bandara tersebut ada sekitar 188 penerbangan per harinya.

“Ini memang cukup berdampak dalam menurunnya jumlah penumpang, dari bulan-bulan sebelumnya,” ujar Agus Senin (11/2/2019).

Dia pun tak menampik penurunan tersebut akibat harga tiket pesawat yang mahal dan mulai diterapkannya bagasi berbayar, menjadi penyebab. Namun, kedua hal tersebut bukanlah faktor utama.

“Ini lebih ke low season ya, dimana ada peningkatan sebelumnya Natal dan Tahun baru, angkutan udara ini di Januari memang low. (Harga tiket dan bagasi berbayar) dampak itu mungkin ada pengaruhnya tapi bukan utama,” tegasnya.

Selain itu dia mengatakan, faktor cuaca buruk di awal tahun juga berpengaruh. kemudian ada juga perbaikan fasilitas bandara yang bisa berpengaruh pada operasional. (ndi)

LEAVE A REPLY