Yang Huiyan Sosok Wanita Terkaya di Asia Foto: Okezone

IDNEWS.CO.ID – Emansipasi wanita telah nyata. Yang Huiyan menjadi bukti nyata salah satunya. Ia merupakan wanita yang dinobatkan paling kaya di Asia. Usianya baru 37 tahun lho!

Yang Huiyan merupakan pemegang saham terbesar perusahaan property Country Garden Holdings. Ia berasal dari China dan mengantongi harta sebesar US$5,1 miliar atau setara dengan Rp72 triliun.

Country Garden sendiri merupakan perusahaan properti nomor 6 di dunia dan memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$61,87 miliar atau setara dengan Rp866 triliun.

Huiyan telah menjadi orang kaya sejak usianya 25 tahun. Yang Gouqiang, Sang Ayah yang juga merupakan pengusaha memberikannya 70% saham kepada putrinya tersebut. Gouqiang telah percaya sepenuhnya kepada putrinya itu lantaran telah memiliki ketertarikan dalam berbisnis sejak kecil.

Ia merupakan anak penurut. Ia tak pernah membantah ketika ikut Sang Ayah melakukan rapat bisnis. Sedari kecil, Huiyan juga senang mengamati bagaimana ayahnya mengelola perusahaan.

Setelah memiliki bibit sejak kecil, Huiyan fokus belajar ilmu pemasaran dan logistik di Universitas Ohio State, Amerika Serikat. Setelah lulus di tahun 2005 ia kembali ke China dan bergabung mengembangkan usaha Sang Ayah.

Ketika bergabung, ia dipercaya Sang Ayah menjadi manajer pembelian. Setahun kemudian, ia diangkat menjadi direktur eksekutif yang dipercaya hingga saat ini.

Sementara itu, ia tercatat menjadi orang terkaya ke 42 di dunia berdasarkan data Forbes dan nomor enam di China. Dia telah berada di daftar miliarder muda Forbes selama beberapa tahun.(ach)

LEAVE A REPLY