Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray terbakar, MInggu 13 Oktober 2019.

IDNEWS.CO.ID – Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut Jawa Barat, terbakar. Tidak hanya jalur pendakian, perkebunan di sekitar jalur pendakian turut terbakar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, kebakaran jalur pendakian gunung Cikuray berada di wilayah Kecamatan Bayongbong Garut.

Api mulai terlihat Minggu, 13 Oktober 2019 sekitar pukul 17.00 WIB. “Belum diketahui berapa luas kawasan kebun dan hutan yang terbakar, api terlihat terus membesar, ” ujarnya, Minggu (13/10/2019).

Kawasan hutan dan perkebunan yang terbakar hanya berjarak sekitar 5 Km dari perkampungan kaki gunung Cikuray. Hingga saat ini upaya pemadaman dilakukan, walaupun angin cukup kencang di wilayah kebakaran.

“Kawasan yang terbakar terus meluas karena angin berembus cukup kencang sehingga api cukup sulit dipadamkan dan akses menuju lokasi sulut dijangkau,” ujar Tubagus.

Lanjut Tubagus, pihaknya menerjunkan beberapa unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Garut. Selain itu upaya pemadaman dibantu masyarakat dan volunteer Gunung Cikuray.

“Selain memadamkan api, kami juga berupaya agar api tak merembet ke daerah pemukiman warga,” ujarnya. (ndi)

LEAVE A REPLY