Ilustrasi ibu hamil. Foto: Tribunnews.com

IDNEWS.CO.ID – Penyakit reproduksi kian meningkat, kebanyakan korban dari penyakit ini adalah wanita. Penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita ini disebabkan banyak hal, seperti kebiasaan hidup tidak sehat seperti jarang berhubungan seks bebas, tidak menjaga kebersihan organ kewanitaan hingga pola makan tidak sehat.

Nah berikut ada beberapa penyakit reproduksi yang cukup ditakuti oleh para wanita.

1. Miom

Miom adalah penyakit menyerang uretus wanita atau rahim, miom merupakan tumor jinak yang tak ganas. Banyak wanita mengalami penyakit ini namun kebanyakan dari mereka tidak sadar. Walau tidak mematikan sebaiknya anda tetap waspada terhadap penyakit yang satu ini.

2. Endometriosis

Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan kista. Endometriosis merupakan penyakit yang bisa menyerang saluran reproudkis dari rahim hingga organ kewanitaan bagian luar atau miss v. Kista bisa menyerang siapa saja termasuk wanita muda, kista cenderung tidak berbahaya namun ketika pertumbuhan terus berkemang bisa memicu rasa nyeri hebat sehingga perlu diambil tindakan operasi. Kista termasuk penyakit yang bisa membuat seorang wanita mandul untuk itu anda harus waspada.

3. Kanker Serviks

Kanker ini cukup berbahaya bagi wanita karena bisa merenggut nyawa dengan cepat. Penyakit ini menyeran leher rahim. Penyakit ini sebenernya mudah dicegah asal anda menerap pola hidup yang sehat, seperti perhatikan kebersihan organ vital, tidak berhubungan seks sembarangan dan tentunya anda wajib menghindari rokok dan alkohol.(ria)

LEAVE A REPLY