Minyak zaitun.

IDNEWS.CO.ID – Minyak zaitun terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. Kandungan lemak baiknya bisa menjaga kesehatan jantung hingga mencegah datangnya penyakit kanker.

Minyak zaitun sendiri merupakan jenis minyak sehat yang mengandung banyak lemak tak jenuh. Karenanya, banyak dipakai oleh pelaku hidup sehat.

Sayangnya, harga minyak olive atau minyak zaitun cukup mahal, apalagi permintaan minyak olive di dunia makin meningkat. Tingginya permintaan tersebut terkadang memicu tidak sedikit orang berbuat curang dengan mengoplos atau menambahkan minyak goreng biasa. 

Lalu, bagaimana cara membedakan mana minyak zaitun asli dan palsu? dr. Tulus Satriasih Sp.FK dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne pun menjelaskannya. Untuk mengetahui mana minyak zaitun yang asli dan palsu bisa dilihat dari warna, rasa dan bau.

“Kalau asli warnanya jernih, apalagi kalau yang diekstrasi jauh lebih jernih. Kalau asli juga minyak zaitun memiliki rasa yang segar, agak sedikit pahit dan ketika dikonsumsi memiliki sensasi hangat,” kata dia. 

Berbicara minyak zaitun, minyak ini memiliki kandungan kalori lebih sedikit dibandingkan dengan minyak sawit yang diolah menjadi minyak goreng. Dalam 100 gram minyak zaitun, kata Tulus, diketahui memiliki 800 kalori.

“Ini bisa jadi pilihan buat anak yang sulit makan, goreng mending pakai ini. Ada omega 3, 6 baiknya, dan ada lemak tidak jenuh tunggal yang mudah dicerna,” lanjut dia. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya secara tidak berlebihan. Yang mana, untuk orang dewasa hanya 1-2 sdm dan untuk anak-anak sebanyak 1 sdm.

Kedua, pilihlah minyak zaitun yang segar dan tidak berbau tengik. Kemudian, lihat dari cara penggunaanya, sebab minyak zaitun tidak semuanya bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Terakhir, tidak menggunakan minyak zaitun dalam waktu lama.

LEAVE A REPLY