IDNEWS.CO.ID – Musim hujan sudah tiba. Nah, buat pengguna mobil kudu melakukan pengecekan pada beberapa elemen kendaraannya. Terutama apabila bagian-bagian itu bertindak penting untuk keamanan atau kenyamanan saat Anda berkendara ditengah-tengah guyuran hujan lebat.

Salah satunya hal yang lepas dari perhatian ialah tekanan angin ban. Dengan permukaan jalan yang basah, keempat roda berpotensi kehilangan traksi, otomatis tidak cuma ketebalan ban yang diperhatikan, seperti itu juga dengan angin di dalamnya.

Dikarenakan ada-ada saja pengguna mobil yang salah kaprah menanggapi permukaan jalan basah. Satu diantaranya justru mengurangi angin ban, arahnya biar tapak dari si karet bulat lebih maksimal. Meskipun sebenarnya cara itu salah, dan tidak dibetulkan.

Product Improvement Department Head Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, kalaupun anginya dikurangi memang memperlebar tapak ban yang melekat ke aspal, secara nalar tampak benar memang. Tapi ada efek kalaupun tekanan angin ban menyusut.

“Tekanan angin dikurangi risiko ban pecah atau sobek saat menabrak lubang yang tidak terlihat karena tertutup air hujan. Lebih baik tekanan angin tetap situasi standar,” papar Bambang pada Kamis 5 Desember 2019.

Menurut dia, yang butuh diperhatikan saat musim hujan ialah kedalaman jalur tapak ban, kalaupun sudah tipis karena itu dampak aquaplaning bertambah besar. Sebab air di permukaan jalan tidak bisa terbuang melalui jalur ban otomatis roda kendaraan berpotensi besar kehilangan traksi.

Hal-hal lain yang butuh diperhatikan saat mengemudikan mobil ditengah-tengah hujan lebat semestinya menyalakan lampu utama mobil. Hal itu kudu dilakukan karena akan jadi petunjuk buat kendaraan lain dari musuh arah. Yang tak kalah perlu juga, jangan pernah menggunakan lampu hazard karena justru akan mengganggu pandangan dari pengendara lain yang bersimpangan arah. Ingat, menyalakan lampu hazard justru amat beresiko.

Lalu butuh Anda untuk tetap jaga jarak aman berkendara dan tetap siaga pada kubangan air. Yang tampak simpel tapi begitu penting diperhatikan semestinya jangan ngebut karena jarak pandang semestinya terusik saat menerobos hujan deras. (ndi)

LEAVE A REPLY