Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Siapa tidak suka makanan lezat? Acapkali orang menyangka, jika dua perihal lezat digabungkan, hasilnya akan lebih lezat . Sering itu benar, tetapi mungkin pula kurang sehat buat badan.

Yang lebih tidak memberikan keuntungan , kadang-kadang orang memang mengupayakan mengonsumsi makanan yang sehat. Namun ternyata yang baik untuk badan jika dimakan terpisah, karena jika digabungkan dapat memberikan kerugian.

Pokoknya, mengombinasikan makanan dan minuman dapat dilakukan, tetapi ada ketentuannya. Terkait sumber, ketentuannya dapat berlainan, namun yang paling umum ialah lima prinsip ini.

Pertama, cuma makan buah saat perut kosong, terutama melon. Ke dua, jangan mengkombinasikan pati dan protein. Ke-tiga, jangan mengombinasikan pati dan makanan yang mengandung asam. Ke empat, jangan mengkombinasikan sejumlah tipe protein. Cuma mengonsumsi produk susu saat perut kosong, terutama susu.

Tersebut sejumlah paduan makanan yang umum ditemukan, tetapi sebetulnya kurang sehat.

1. Sandwich dan kopi instant

Ini jenis sarapan yang begitu kerap ditemukan. Untuk banyak orang-orang ini sudah jadi kebiasaan. Problemnya, karbohidrat simple dalam roti sandwich menahan kalsium dalam keju untuk dapat diolah secara baik, padahal kalsium baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Apabila ditambah kopi instant, tidak ada gunanya sekali-kali untuk kesehatan. Pemecahannya, minumlah teh hijau, jangan kopi.

2. Kentang dan daging

Siapa dapat menolaknya? Udah jelas enak. Namun ini sebenarnya paduan yang tidak sehat. Pati yang dikandung kentang butuh cairan pencernaan yang alkalotis. Sesaat protein dalam daging butuh cairan pencernaan yang asam. Apabila digabungkan, kedua makanan ini saat dalam perut akan menyulut rasa mulas, bersendawa dan timbunan gas.

3. Pasta dan daging cincang

Ini berita tidak baik untuk penggemar spaghetti bolognese. Namun seperti dalam paduan daging dengan kentang. Kelenjar liur pada manusia membuahkan amilase, yang mentransformasi pati dalam pasta jadi gula.

Serta jika gula simple menyelubungi protein, yang ada dalam daging, jadi terbentuklah kombinasi kimia beresiko yang dapat menyebabkan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

4. Produk susu dan nanas

Resep es krim nanas atau milkshake yang lezat dapat ditemukan di internet. Tapi makanan asam bikin pencernaan berjalan lamban, terutama saat pagi hari. Terkecuali itu, nanas mengandung enzim bromelain yang dapat menyebabkan keracunan jika di gabung dengan produk susu.

Bromelain pula menyebabkan susu mengental. Pemecahannya, campur aprikot atau prem kering dengan produk susu. Fresh dan mudah diproses badan.

5. Mentimun dan tomat

Ini salah satunya paduan sayuran yang kerapkali ditemukan di berbagai negara. Namun menurut penelitian, paduan ini dapat mengganggu proses biokimia badan. Ini dapat menyulut proses pengapuran. Terkecuali itu, waktu pencernaan kedua sayuran ini tidak sama. Apabila digabungkan, justru mengganggu metode pencernaan. Jadi baiknya disantap secara terpisah.

6. Teh dan madu

Madu dinilai sebagai pemanis yang lebih sehat daripada gula. Tapi dalam suhu tinggi dapat membuat bermasalah. Madu yang lumer dalam teh, dan dalam suhu tinggi tak henti, contohnya dalam termos, dapat menyebabkan Hydroxymethylfurfural (HMF), yang memberikan kerugian badan.

Pemecahannya, nikmati madu dengan minuman dingin. Apabila dengan kopi atau teh baiknya, pada suhu 50-60 derajat Celsius dan dihabiskan dalam beberapa waktu.

7. Bir dan kacang

Ini acapkali dijumpai jika orang nikmati waktu luang bersama rekan. Makanan berkadar garam tinggi mengandung banyak sodium, sampai badan kehilangan banyak cairan, dan orang jadi haus. Mengakibatkan, orang minum bir lebih banyak, padahal bir mengandung kalori dalam jumlahnya lumayan tinggi. Ini dapat meningkatkan berat badan. Pemecahannya, minum air putih atau air soda juga. (ndi)

LEAVE A REPLY