Ilustrasi daging olahan.

IDNEWS.CO.ID – 

Ibu, penting loh bagi kita memastikan anggota keluarga makan makanan yang aman dan sehat. Tapi siapa sangka makanan yang kita olah sendiri pun tanpa disadari berpotensi tercemar bakteri.

Bakteri bisa masuk dari mana saja. Bisa akibat tempat penyimpanan yang kurang tepat hingga kontaminasi dari alas potong (talenan) yang kita gunakan.

Karenanya untuk menghindari kontak dengan bakteri racun, ada baiknya menggunakan 2 jenis talenan. Yang satu untuk sayuran, dan yang satunya lagi untuk daging merah, ayam, ikan.

Kenapa harus dibedakan? Sebab, daging mentah mengandung bakteri.  Ketika para ibu menggunakan talenan yang sama, tentu saja dapat berpotensi mencemari makanan lainnya yang dipotong pada talenan yang sama. Bakteri juga dapat bertahan di celah-celah talenan yang sudah dipakai lama, meski telah dicuci menggunakan sabun dan air panas. 

Sementara itu, mungkin untuk daging yang dimasak dengan suhu yang aman tidak terlalu bermasalah. Tetapi, buah-buahan dan sayuran ibu mungkin bisa terpapar beberapa bakteri dari talenan itu. 

Kemungkinan untuk kontaminasi silang ini adalah alasan yang sama mengapa petugas kesehatan mengingatkan untuk tidak mencuci ayam sebelum ibu memasaknya.

Untuk mengurangi risiko kontaminasi silang itu cukuo sederhana.  Ibu cukup memiliki dua atau lebih talenan dan pastikan salah satunya disediakan khusus untuk memotong daging mentah, ayam, dan makanan laut.  

Tips memilih talenan

Selain memiliki permukaan yang terpisah, ibu juga perlu memperhatikan jenis  talenan.  Memang benar bahwa talenan kayu terlihat bagus, tetapi menggunakannya untuk daging atau ayam adalah hal yang tidak boleh menurut USDA.  

Sebab, bakteri dapat tumbuh subur di dalam pori-pori kayu yang dapat menyebabkan keracunan makanan.  

USDA merekomendasikan penggunaan talenan non-berpori untuk daging.  Talenan akrilik atau kaca juga merupakan tambahan yang bagus untuk dapur Anda.

Jika Anda tidak tahan berpisah dengan talenan kayu Anda, simpanlah talenan itu untuk memotong buah-buahan, sayuran, keju, dan roti. (ldp)

LEAVE A REPLY