Ilustrasi panasin motor. Foto TribunJualBeli.com

IDNews.co.id – Kebiasaan sederhana yang kerap dilakukan biker sebelum berangkat beraktivitas yakni memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan. Umumnya, para pemilik sepeda motor memanaskan mesinnya antara lima sampai sepuluh menit.

Namun, tak semua biker melakukan hal demikian. Ada saja biker yang langsung tancap gas karena sejumlah alasan. Mulai dari malas hingga terburu-buru. Lalu, pentingkah memanaskan motor sebelum digunakan?

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma, mengatakan motor saat ini sudah diatur untuk langsung digunakan tanpa perlu memanaskan terlebih dahulu. Kalau pun ingin dipanaskan sebaiknya tidak terlalu lama.

“Saat mau memanaskan motor jangan terlalu lama. Sekitar tiga menit dan maksimal lima menit. Karena motor zaman sekarang sudah didesain siap pakai,” kata Rendra.

Saat disinggung alasannya, Rendra menjelaskan energi panas yang dihasilkan oleh lampu tidak terbawa angin. Hal itu dapat merusak lampu utama.

“Kalau terlalu lama dipanaskan dan motor dalam keadaan diam, kan, lampunya jadi makin panas karena tidak ada sirkulasi pendinginan. Nanti mika lampunya bisa meleleh,” ujar Rendra.(fat)

LEAVE A REPLY