IDNEWS.CO.ID – Banyak bikers merasa kaca spion motor orisinal bawaan pabrik cukuplah mengganggu. Kaca spion bawaan dianggap terlalu lebar, sehingga kurang nyaman dibawa bermanuver di tengah kemacetan lalu lintas. Alhasil, kaca spion diganti dengan yang lebih kecil.

Tetapi ternyata mengganti kaca spion motor bawaan dengan merk aftermarket tidak direkomendasikan nih Otolovers. Seperti dikutip dari astra-honda.com, mengganti kaca spion standar dengan spion macam berpotensi menghilangkan fungsi kaca spion tersebut.

Faktanya karena kaca spion bawaan telah didesain sesuai dengan spesifikasi motornya. Posisi riding setiap motor berbeda-beda. Ada yang duduk tegak, ada pula yang racy dengan tempat tubuh dikit menunduk. Lebar setang setiap motor juga beda-beda. Jadi derajat kemiringan kaca spion sudah dibuat agar mudah dilihat pengendara.

Misalnya saja jika spion motor Otolovers punya lebar 15 cm lalu diganti dengan kaca spion yang lebarnya hanya 10 cm, jadi bisa dipastikan kondisi jalan di belakang tidak terlihat. Hanya tangan pengendara saja tertangkap pantulan kaca.

Di lain sisi, spion motor bawaan pabrik justru sangat bermanfaat saat dipakai selap-selip di kemacetan. Mengapa? Sebab desain kaca spion standard biasanya lebih lebar dari setang motor. Maka bila ingin berkendara di tengah dua mobil yang merayap, pengendara dapat memperkirakan masuk atau tidaknya setang melalui kaca spion.

Adanya kaca spion jadi salah satu unsur keamanan yang penting. Pasalnya naik motor itu memiliki resiko jauh lebih besar ketimbang mobil. Biar aman di jalan salah satunya caranya yaitu dengan tetap rajin memantau kondisi lalu lintas di belakang melalui dua kaca spion di setang. (ria)

LEAVE A REPLY