Ilustrasi menstruasi. Foto: tribunnews.com

IDNews.co.id – Menstruasi jadi hal yang wajar terjadi untuk setiap wanita. Tetapi, ada saat-saat dimana menstruasi tunjukkan tanda badan sedang mengalami satu masalah.

Senantiasa cermati siklus menstruasi Anda. Sebab, siklus menstruasi sering jadi tandanya saat menstruasi yang ditempuh tak akan sehat. Tersebut sebagian persoalan menstruasi yang mestinya diperhatikan diambil dari laman Reader’s Digest.

1. Siklus yang tidak sesuai

Biasanya, siklus menstruasi terjadi setiap 25 hingga 30 hari dengan masa menstruasi selama 3 hingga 7 hari. Jika ada perubahan pada jadwal siklus ada moment menstruasi, ini pantas diwaspadai.

Masalah kesehatan yang cukup parah dapat mengintai seperti PCOS, masalah tiroid, atau masalah yang lain. Tetapi biasanya, masalah tiroid jadi persoalan utama pembawa perubahan siklus menstruasi.

2. Tidak menstruasi selama 90 hari

Sumber utama Anda tidak juga mengalami menstruasi sampai kini karena sedang hamil atau perimenopause jika Anda di umur 40 hingga 50 tahun. Jika umur Anda lebih dari 51 tahun, bisa saja ini tandanya Anda mengalami menopause dini.

Masalah yang lain yang mungkin mengintai seperti penyakit menyebar seksual, masalah hormon, ada penurunan berat badan mencolok, atau bahkan sangat banyak olahraga.

3. Pra menstruasi begitu mengganggu aktivitas

PMS biasanya terjadi 5 hingga 7 hari sebelumnya masa menstruasi dan selesai saat darah menstruasi keluar. Biasanya, keram perut dan rasa tidak nyaman jadi PMS yang seringkali dirasa. Serta perasaan depresi, mood swing, kembung, juga sakit kepala.

Sejumlah 40 persen wanita mengalami PMS yang beresiko pada gaya hidupnya. Bahkan, sampai 8 persen wanita mengalami masalah pra menstruasi disforia yang perlu pertolongan tenaga medis.

Kram dan nyeri yang berlebihan saat mens atau dimaksud dismenore, jangan diremehkan. Jika Anda sudah mengonsumsi obat pereda nyeri dan masih merasa sakit, mungkin ada persoalan beda seperti uterine fibroid atau endometriosis.

4. Menstruasi lebih dari 7 hari

Jika moment menstruasi lebih dari 7 hari, ini dapat dikarenakan oleh perdarahan menstruasi berlebihan atau menorage. Dimana, itu dipicu oleh ada perubahan hormon, polip, atau fibroid di uterus juga keguguran. (ndi)

LEAVE A REPLY