IDNEWS.CO.ID –¬†Feature pada kendaraan sekarang ini memang sangat memanjakan. Salah satunya feature yang membuat pengendara nyaman ialah cruise control.

Cruise control ini dapat digunakan di jalan tol yang lancar. Mungkin feature ini baru dapat digunakan di perjalanan antar-kota melintasi jalan tol.

Cruise control ialah feature pada kendaraan yang sangat mungkin kendaraan meluncur dengan kecepatan stabil tanpa mesti menginjak pedal gas terus-menerus. Contoh cruise control di-set di kecepatan 80 km/jam, maka mobil akan meluncur di kecepatan itu dalam keadaan konstan. Di beberapa mobil, untuk menonaktifkan cruise control cukup menekan pedal rem maka kecepatan akan berkurang.

“Ini salah satunya feature yang dapat membuat pengemudi lebih nyaman berkendara. Ketika ditahan di kecepatan tertentu baru diaktifin, gas bisa dilepas,” kata Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Buat yang belum biasa menggunakan cruise control mungkin akan beresiko bila tidak tahu cara mengantisipasinya. Jangan sampai ketika kaki pengendara lebih santai sebab tidak butuh mencapai pedal gas kembali justru membuat terlena.

“Jangan sampai pas pakai cruise control, begitu harusnya ngerem dia salah malah gas yang ia injak sebab kaki tidak tahu stand by dimana,” ucap Sony.

“Menurut aku balik lagi pada kita ngenalin kendaraannya, mesti mempertimbangkan kondisi yang tidak terukur. Kondisi ngerem mendadak, menghindar atau bahkan seringkali terjadi crosswind (terpaan angin samping). Crosswind itu harus mengurangi kecepatan. Jika kita ingin nginjak rem tetapi tan diinjak malah gas, bahaya. Fitur-fitur ini harus betul-betul dipahami bagaimana pengoperasiannya,” sambungnya. (ria)

LEAVE A REPLY