IDNEWS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan pembukaan kembali gereja, masjid dan rumah ibadah penting lainnya akhir pekan ini. Trump meminta gubernur di seluruh wilayah untuk mengizinkan kembali pembukaan rumah ibadah, meski di tengah ancaman penyebaran virus corona.

“Hari ini saya menetapkan rumah-rumah ibadah seperti gereja, sinagog dan masjid, sebagai tempat penting yang menyediakan layanan penting bagi masyarakat,” kata Trump saat konferensi pers di Gedung Putih, dilansir Al Jazeera, Sabtu 23 Mei 2020.

Trump juga mengatakan akan memberi peringatan, jika para pemimpin wilayah tidak mematuhi perintahnya. Hal ini sebab Trump melihat beberapa gubernur justru menganggap toko minuman keras dan klinik aborsi lebih penting dibandingkan rumah ibadah.

“Itu tidak benar, saya akan memperbaiki ketidakadilan ini. Para gubernur perlu melakukan hal yang benar. Jika mereka tidak melakukannya, saya akan memberikan peringatan. Di Amerika kita membutuhkan lebih banyak doa,” ujarnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat telah menyiapkan pedoman pembukaan kembali gereja-gereja dan rumah ibadah lainnya sejak pekan lalu. Pedoman itu seperti menjaga jarak antara umat dan membatasi ukuran pertemuan. Namun pedoman itu ditunda selama lebih dari sebulan oleh pemerintah, sampai Trump berubah pikiran pekan ini. (ach)

LEAVE A REPLY