Ilustrasi pemilu. Foto: Boomee

IDNEWS.CO.ID – Panglima Komando Armada I (Pangkormada I), Laksamana Muda TNI Yudo Margono menyatakan, siap mendukung Polri untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi atau pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang.

Hal itu disampaikan Yudo dalam pidato penutupan latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden di wilayah Koarmada I tahun 2019, Senin (11/2/2019) di Mako Koarmada I, Jakarta Pusat.
“Sesuai amanat undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pemberian bantuan keamanan atas permintaan kepada Pemda dan Polri merupakan salah satu bagian dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Ia menjelaskan, latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden di wilayah Koarmada I itu diikuti oleh 230 prajurit TNI gabungan dari Koarmada I dan Lantamal III.

Selain latihan pengamanan lapangan, lanjut Yudo, seluruh prajurit TNI juga diberikan bekal sejumlah materi tentang hukum, HAM, serta tahapan pelaksanaan pemilu atau tentang kepemiluan.

“Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel Koarmada I dan Lantamal seluruh jajaran agar memiliki kemampuan yang andal untuk melaksanakan operasi bantuan pengamanan atas permintaan Pemda dan Polri secara berhasil, berdaya guna, dan terintegritas dalam rangka kesiapsiagaan operasional satuan jajaran wilayah Koarmada I,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, latihan gabungan pengamanan pemilu legislatif dan presiden itu juga digelar secara serentak di sejumlah Lantamal dan Lanal jajaran dibawahnya, diantaranya adalah Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal III Jakarta, Lantamal IV Tanjung Pinang, dan Lantamal XII Pontianak. (ach)

LEAVE A REPLY