IDNEWS.CO.ID – Beberapa hari lagi pelaksanaan salat Idul Fitri, Pemerintah Kota Bekasi bakal menggelar rapid test acak di tiap-tiap RW se Kota Bekasi. Tujuannya untuk memastikan wilayah tersebut aman menggelar salat Idul Fitri.

“Kami akan ambil tes secara acak di tiap RW yang masuk zona hijau, sebelum pelaksanaan salat Id,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kamis 21 Mei 2020.

Ia menambahkan, tujuan menggelar rapid test ini untuk memastikan penyebaran Covid-19 sebelum digelar salat Idul Fitri. Sehingga, pelaksanaan tersebut dikategorikan aman.

Nantinya, kata Rahmat, pelaksanaan rapid test ini dilakukan oleh petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Dinas Kesehatan. Tes tersebut kata dia, akan digelar secara acak.

Tiap-tiap RW kata Rahmat, akan dilakukan tes sebanyak dua orang. Saat ini di Kota Bekasi terdapat 700 RW di 38 kelurahan zona hijau.

“Jadi kalau dihitung 2 orang dikali 700 RW totalnya 1000 orang yang akan di rapid test,” jelasnya.

Apabila dalam pengambilan rapid test itu diketemukan ada yang terpapar Covid-19, Rahmat mengaku, akan membatalkan gelaran salat id berjemaah di wilayah tersebut.

“Jadi masih ada waktu untuk melarang atau tidaknya pelaksanaan salat ied,” tutupnya. (fat)

LEAVE A REPLY