Kacang tanah.

IDNEWS.CO.ID – Kita semua tahu bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti karena enggak jarang bisa menyebabkan kematian. 

Meski tidak sedikit dari kanker yang disebabkan oleh keturunan, kanker juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Maka dari itu penting untuk menjalankan pola hidup sehat. 

Salah satu pola hidup sehat yang bisa kita terapkan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Lalu apa sajakah makanan yang dapat mencegah kanker? Berikut ini lima jenis makanan yang dapat mencegah kanker seperti dirangkum program Ayo Hidup Sehat. 

Kacang tanah

Kacang tanah diketahui dapat mencegah risiko kanker usus besar. Untuk mencegah kanker, kamu setidaknya harus makan kacang tanah 2 kali dalam seminggu. 

Makan 2 kali dalam seminggu kacang tanah diketahui dapat mengurangi risiko kanker pada wanita hingga 58 persen dan 27 persen pada pria. Kacang tanah juga diketahui merupakan sumber asampekomarik yang membantu risiko kanker perut.

Buah beri-berian

Beberapa buah dari beri-berian seperti rasberry, blackberry, blueberry, strawberry, murbey diketahui dapat mencegah kanker. Hal ini lantaran adanya kanduntan antosionin pigmen yang bersifat antioksidan dan dapat mencegah penyakit kanker usus besar, kanker mulut dan kanker tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu dianjurkan makan buah beri setiap hari.

Tomat

Tomat diketahui mengandung likopen yang mencegah kanker prostat. Tomat sendiri diketahui memiliki nutrisi yang baik, satu porsi tomat mentah setara dengab 150 gram vitamin A, C, K, folat dan kalium. 

Jeruk bali merah

Seperti jeruk pada umumnya, jeruk bali merah juga kaya vitamin c yang baik untuk mencegah pembentukan senyawa nitrogen yang menyebabkan penyakir kanker. Jeruk jenis ini diketahui dapat menurunkan risiko kanker esofagus, kanker payudara, kanker lambung, kanker serviks, hingga kanker usus besar. 

Ubi jalar

Ubi jalar diketahui memiliki kandungan Antisionin yang berunhsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker usus. (ldp)

LEAVE A REPLY