IDNEWS.CO.ID – Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari yang dikupas, umumnya satu ons, yakni sekitar 1/4 cangkir atau 4 sendok makan (satu hingga dua porsi seukuran jempol).

Kandungan lemak sehat pada biji bunga matahari sangat tinggi. Satu porsi memberikan 14 gr lemak dengan campuran lemak tidak jenuh tunggal serta tidak jenuh ganda.

“Lemak mono dan polyunsaturated pada biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung serta resiko penyakit kardiovaskular,” kata pakar diet Alissa Rumsey, seperti dikutip laman MSN, Kamis (10/1).

Satu porsi benih pun memiliki kandungan sekitar 6 gr protein dan 2,5 gr serat. Lemak, serat dan protein memainkan peranan penting dalam perasaan kenyang.

“Biji bunga matahari pun memiliki kandungan vitamin serta mineral, termasuk juga vitamin E (yang mempunyai karakter anti-inflamasi yang kuat serta dapat mengurangi resiko penyakit jantung), folat (penting untuk sintesis DNA), fosfor (kunci untuk kesehatan tulang), selenium (anti-oksidan yang membuat perlindungan pada kerusakan sel), mangan (yang membantu produksi tulang), tembaga (yang membantu kesehatan jantung serta manfaat kekebalan tubuh), B6 (baik untuk perkembangan kognitif dan fungsi) serta seng (penting untuk metabolisme serta fungsi kekebalan tubuh),” kata pakar diet Maxine Yeung.

Biji bunga matahari terutama kaya magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda. “Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet terdaftar Brian St Pierre.

Ini juga merupakan elemen penting dari tulang dan membantu mengendalikan fungsi dan kontraksi saraf serta otot. Beberapa biji mempunyai kelebihan dibandingkan bunga matahari ketika datang ke nutrisi tertentu.

Biji chia dikemas dengan asam lemak omega-3 nabati (dengan 5 gr untuk porsi satu ons) dan serat (10 gr per porsi). Biji rami juga lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 dibanding biji bunga matahari. “Akan tetapi, biji bunga matahari lebih kaya vitamin dan mineral,” kata St. Pierre.

Dan umumnya memberikan profil rasa superior untuk biji chia netral. Biji bunga matahari pun mempunyai beberapa konsentrasi tertinggi pitosterol, molekul tanaman yang baik untuk mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Akan tetapi, secara umum, semua benih menyediakan campuran lemak sehat, serat, vitamin, mineral dan fitonutrien yang baik, itu penyebabnya kenapa penting untuk memasukkan berbagai benih ke dalam diet Anda.(fat)

LEAVE A REPLY