IDNEWS.CO.ID – Sidang kasus dugaan pemalsuan dokumen surat tanah dengan terdakwa Muljono Tedjokusumo berlanjut di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar), Rabu (13/3), sekitar pukul 16.24 WIB. Turut hadir dua saksi yakni Zainudin dan mantan Lurah Kedoya Selatan Ahmad Mawardi.

Dalam kesaksiannya, PNS yang juga mantan Lurah Kedoya Selatan Ahmad Mawardi menyebutkan, persil 95 (sekitar Gang Pandan) itu di lokasi dan selain dikuasai oleh warga juga dikuasai oleh terdakwa. Di mana pada persil 95 itu ada berbagai macam girik.

Namun, baru berjalannya sidang, beberapa kali ketua Majelis Hakim menegur pertanyaan yang disampaikan kuasa hukum terdakwa kepada saksi PNS. Pertanyaan yang dilontarkan harus jelas dan lebih sedikit keras. Sehingga saksi PNS kembali menjelaskan jika Girik 685 sekarang milik aset Pemprov DKI, yakni Dinas Sosial.

Saat ditanyakan oleh ketua Majelis Hakim mengenai perolehan lahan oleh terdakwa, saksi PNS yang kini menjabat Kasubag Perencanaan Anggaran Kecamatan Makassar menyebutkan, dia tidak mengetahuinya dan belum pernah melihat sertifikat milik terdakwa. Mantan lurah Kedoya (PNS-red) mengetahui bahwa ada yang mengklaim tanah tersebut.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Okta menanyakan, kehadiran kedua saksi di persidangan yang tidak mengetahui mengenai kasus pemalsuan surat oleh terdakwa. Saksi pun tidak mengetahui mengenai surat 1209, 1242, 1248.

Saksi saat ditanyakan oleh JPU mengenai adanya surat yang double, saksi yang merupakan mantan lurah itu lagi-lagi tidak mengetahuinya. Beberapa kali dicecar pertanyaan oleh JPU bahwa kedua saksi tidak mengetahui. Bahkan saksi Zainudin yang pernah bertugas di Kantor IPEDA mengaku dirinya tidak pernah tahu dasar penerbitan 4 sertifikat diantaranya surat C2425.

Sidang pun dilanjutkan pada dua minggu ke depan. Usai sidang JPU Okta menuturkan bahwa keterangan kedua saksi yang dihadirkan itu tidak nyambung dan tidak mengerti ranah permasalahan. Karena yang diperkarakan 4 sertifikat yang dipalsukan itu keduanya (saksi) tidak tahu. “Tidak nyambung jadinya,” tegas dia. (fat)

LEAVE A REPLY