Ilustrasi anak depres usai di aniaya. Foto: WartaPlus.comi

IDNEWS.CO.ID – Sebuah video beberapa murid melakukan perundungan terhadap seorang guru, viral di media sosial. Video itu diduga terjadi di salah satu sekolah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Kemarin, mediasi digelar di kantor polisi setempat. Siswa SMP tersebut pun minta maaf kepada gurunya.

Pada Senin (11/2/2019) pagi, siswa SMP berinisial A itu minta maaf kepada gurunya Nur Kalim. Nur Kalim memaafkan para siswa tersebut. Mereka lantas berpelukan.

Kejadian perundungan itu terjadi Sabtu (2/2/2019) lalu. Saat itu, siswa tersebut ditegur diduga karena merokok di dalam kelas. Siswa tidak terima ditegur dan mem-bully sang guru.

Nur Kalim mengemukakan, saat kejadian itu dia mencoba menenangkan diri. “Saya coba tenangkan diri, introspeksi diri. Saya coba menenangkan hati,” ujarnya.

Kejadian perundungan kepada guru itu mengundang reaksi berbagai pihak. Di antaranya, Komisioner Bidang Pendidikan, Komisi Perlindungan Anak, Retno Listyarti, mengaku prihatin atas sikap dan perilaku siswa yang mencerminkan ketidaksantunan itu.

“Teguran sang guru pasti ada alasannya, sebagai pendidik, mungkin sang guru ingin menegur dalam rangka mendisiplinkan siswa,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/2/2019).

Retno menduga, ada dua faktor yang menyebabkan kejadian murid melakukan kekerasan terhadap guru di salah satu SMP di Gresik tersebut, yaitu faktor karakter siswa yang kurang terbina dengan baik di rumah maupun sekolah. (ach)

LEAVE A REPLY