Biker kawal ambulance

IDNEWS.CO.ID – Ambulans merupakan salah satu kendaraan yang memiliki hak prioritas utama. Tersebut kenapa, saat mobil yang sama dengan warna putih itu lewat, pengendara lain diimbau tak menghambat ruang jalan.

Tapi, mengingat keadaan jalan raya di perkotaan selalu ramai, biasanya suara sirine yang dibuat ambulans tidak cukup ampuh untuk membelah kerumunan. Hal tersebut lalu menggerakkan hati warga untuk buka ruang jalan biar mobil itu dapat lewat.

Biarpun tindakan itu termasuk baik, akan tetapi faksi kepolisian kadang menilainya sebaliknya. Lantaran, petugas keamanan itu beranggapan, pekerjaan pengawalan cuma bisa dilakukan polisi. Seperti yang terbingkai dalam upload akun Instagram @fakta.indo, dilansir Minggu (8/12/2019).

Dalam video berdurasi satu menit itu, seorang biker didapati menjaga ambulans yang sedang melesat di satu jalan. Tapi, dia distop polisi karena dinilai tak memiliki hak melakukan soal demikian. Pria berjaket hitam itu juga cuma merunduk pasrah dan mengiyakan tanpa sekalinya menantang.

“Apa arah Anda menjaga ambulans tadi? Tujuannya (pengen) memberikan pengawalan? Aku bertanya, Anda punyai wewenang tidak menjaga ambulans?” tutur sang polisi dengan suara tinggi.

Lalu, sosok pranata sosial itu juga langsung menjelaskan clausal yang dilanggar, terutama masalah denda yang bakalan pria itu temukan. Sontak, warganet yang melihatnya langsung bereaksi, dan mengatakan jika apa yang dilakukan sang biker sudah benar. Asal, selama melakukan pengawalan tidak punya sikap arogan.

“Kalau proses pengawalannya benar, tidak arogan, terus dimana kelirunya?” catat @reaktifasi.

Gak itu saja, sebagaian warganet membetulkan apa yang dikatakan sang polisi. Tapi dengan catatan, mereka bersungguh-sungguh ingin jalankan peranan pengawalan pada ambulans.

“Betul penjelasan polisi, dan undang-undangnya. Tetapi realitanya, setiap kali ambulans melalui, aku tidak sempat lihat ada polisi yang menjaga. Ditambah lagi di jalanan kan banyak titik macet, sudah berubah menjadi soal biasa kalaupun warga sama sama tolong dan turut menjaga,” komentar @khoirul_azkiya98 panjang.(ach)

LEAVE A REPLY