Pesta Rakyat KBRI Tokyo di di Edogawa-ku

IDNEWS.CO.ID – Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 74 Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang menyelenggarakan Pesta Rakyat Minggu 15 September 2019.  Perayaan bersama seluruh rakyat Indonesia yang bermukim di Jepang ini diselenggarakan di Taman Kansai (Kasai Rinkai Park), yang berlokasi di Edogawa-ku, Tokyo. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif saat membuka acara Pesta Rakyat ini mengatakan, semangat mengisi kemerdekaan dilakukan secara bersama semua dengan menjaga persatuan dalam berbagai kegiatan positif diantaranya kegiatan Pesta Rakyat ini.

“Pesta rakyat ini untuk menghibur masyarakat Indonesia di Jepang. Saya berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan secara rutin setiap Tahun,” ujar Arifin Tasrif. 

Lebih lanjut Arifin Tasrif menekankan pentingnya masyarakat Indonesia di Jepang tetap menjaga persatuan dan senantiasa mengikuti aturan Pemerintah Jepang selama ada di Jepang. Arifin Tasrif di tengah sambutannya juga memimpin doa dengan mengheningkan cipta untuk mendoakan almarhum mantan Presiden Bacharuddin Jusuf BJ Habibie yang meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 lalu. 

Pesta Rakyat KBRI Tokyo di di Edogawa-ku

Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Jepang  Tri Purnajaya yang juga bertindak selaku salah satu musisi KBRI pendukung acara mengatakan, Pesta Rakyat ini untuk menghibur masyarakat Indonesia di Jepang melalui berbagai perlombaan, unjuk kesenian Indonesia dan sajian kuliner Nusantara.

“Ini bagian kegiatan dari KBRI Tokyo untuk menggembirakan masyarakat Indonesia di Jepang. Kita baru selesai pemilu. Maka kita perlu menghibur dengan hiburan musik, budaya dan berbagai perlombaan,” terang Tri Purnajaya. 

Lebih kurang 14 penampilan kesenian dan kebudayaan dari masyarakat Indonesia di Jepang dan kelompok kesenian dari Indonesia dalam Pesta Rakyat KBRI Tokyo ini. Seperti Tari Jaipong Sekolah Indonesia Tokyo (SRIT), Band PPI Kanto, Tarian Bedug Warnane dan Lomba Dang Dut dan permainan anak-anak, termasuk di antaranya adalah penampilan Japan Pencak Silat. Selain itu acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan pamungkas dari band Kotak yang sengaja diundang dari Indonesia.

Kyoko Soda, pengajar Pencak Silat di Jepang mengatakan kepada VIVAnews, bahwa Pencak Silat adalah bela diri yang indah gerakannya. 

“Kami manampilkan Ruku. Ini lebih ke seni dalam silat. Orang-orang Jepang yang tampil ini berlatih sejak April. Saya melatih silat sejak 6 Tahun lalu di Jepang. Kami tergabung dalam Japan Pencak Silat Association dan sering ikut event olah raga dunia seperti Asian Games mewakili Jepang sejak 1997,” ujar Kyoko Soda.

Penampilan menarik lainnya adalah dari Tokyo Lagu-Lagu Kai. Ini adalah kumpulan orang-orang Jepang berusia di atas 50 an yang menyanyikan lagu-lagu daerah dan perjuangan Indonesia. Seichi Kurouka mengatakan kelompok Kai ini sudah sejak 1977. 

“Kami cinta Indonesia dan kami suka lagu-lagu Indonesia. Kami terus belajar lagu Indonesia. Kami sering tampil untuk mempopulerkan lagu-lagu Indonesia di Jepang”, ujar Seichi Kurouka.

Acara Pesta Rakyat KBRI Tokyo berlangsung meriah dengan dihadiri lebih dari 700 orang warga Indonesia dan juga orang-orang Jepang.

LEAVE A REPLY