IDNEWS.CO.ID – Ketika tidak berpuasa, kita condong mengisi tubuh dengan makanan yang tinggi lemak, daging merah, serta konsumsi makanan olahan yang bisa menyebabkan kanker kolorektal atau kanker usus.

Saat berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga yang ternyata sangat baik buat kesehatan tubuh. Mengistirahatkan saluran pencernaan selama kurang lebih 12 jam membuat sel bisa beregenerasi.

“Asupan makanan berkurang, maka makanan yang bisa menyebabkan kanker seperti karsinogen dan oksidan dinetralkan dengan cepat. Jadi protein di tubuh ada juga yang bisa menetralkan oksidan dari makanan yang tidak baik,” tutur ahli kanker dari RS Mayapada dr Wulyo Rajabto, SpPD-KHOM, pada IDNEWS.CO.ID.

dr Wulyo melanjutkan, berpuasa membuat sel yang sudah tua dan rusak diganti dengan sel baru yang lebih baik sehingga mencegah pertumbuhan sel tidak normal di saluran cerna.

“Saat puasa makan jadi lebih teratur sehingga menjadikan kita lebih sehat. Berpuasa menurunkan berat badan, menurunkan hipertensi, memperbaiki gejala sakit maag, serta mengurangi resiko stroke,” ujarnya.

(fat)

LEAVE A REPLY