Kebakaran hutan kini meluas ke Queensland setelah selama beberapa hari meluluhlantakkan lahan seluas 1 juta hektar di New South Wales. Tampak asap mulai menyelimuti kawasan resort Spicers Peak Lodge di Queensland.

IDNEWS.CO.ID – Setelah beberapa hari menerjang wilayah New South Wales, sekarang kebakaran hutan di Australia bertambah meluas ke Queensland. Beberapa petugas pemadam melawan kendala persebaran titik api dan cuaca panas dan situasi angin yang tak mendukung.

Dinas Kebakaran dan Genting Queensland (QFES) menjelaskan ada 62 titik kebakaran dan 11 salah satunya pada step “siaga”.

Petugas pemadam mengatakan kecemasan terbesar mereka adalah api yang dapat nampak kapanpun dan tanpa peringatan sebelumnya.

Pada Rabu (13/11/2019) dini hari, resor Spicers Peak Lodge di Southern Downs Queensland telah menyuruh karyawannya untuk pindah disaat kebakaran bertambah mendekat.

Titik api di wilayah Spicers Gap bergerak menuju resor itu.

Pengelola Spicers Retreat David Assef mengatakan para tamu telah dievakuasi dari sejak hari Senin sebagai tindakan pencegahan.

“Kami mengharapkan bangunan-bangunan ini akan terproteksi. Namun sayangnya kita akan kehilangan satwa liar dan flora yang ada pada property ini. Kami memiliki 600 ekor sapi disana,” kata Assef.

Garbiel Branescu dari Biro Meteorologi (BOM) menjelaskan pergantian arah angin diperkirakan akan bergerak ke barat pada Rabu pagi.

“Angin diperkirakan bergerak ke barat sekitar jam 8:00 pagi dan dengan pergantian itu bawa udara kering dengan kelembapan dibawah 10 persen,” jelasnya.

Branescu mengatakan pergantian arah angin akan mencapai titik api di wilayah Scenic Rim sekitar jam 1:00 atau 2:00 Rabu siang.

“Kondisinya cukup melawan. Banyak terjadi pergantian angin ini hari untuk wilayah tenggara (Queensland),” imbuhnya.

BOM mengambil keputusan rangking bahaya kebakaran “Kritis” ini hari di Queensland untuk wilayah Darling Downs, Granite Belt, pantai tenggara, dan Wide Bay.

Suhu di dekat area kebakaran diperkirakan enam sampai delapan derajat di atas suhu rata-rata.

Neil Francis dari QFES mengatakan faksi berkekuatan cemas dengan kemungkinan terjadinya petir.

“Petir bisa terjadi dimanapun dan dapat mengundang kebakaran,” jelasnya.

Dinas pemadam kebakaran menyatakan resiko kebakaran di wilayah Scenic Rim lumayan tinggi. Mereka terus mengamati wilayah Sarabah – yang diterjang kebakaran besar pada September lalu.

Walikota Scenic Rim, Greg Christensen, menyatakan Rabu ini hari berpotensi jadi “hari paling gelap sejak Binna Burra”, disaat resort di pedalaman Gold Coast itu dihancurkan api.

“Kita menyaksikan api mendekat dari selatan, menjadikan Taman Nasional Gunung Barney ada dalam bahaya,” tukasnya.

“Apapun yang terjadi akan berjalan dengan cepat dengan situasi angin yang beralih. Serangan api akan mencoba setiap garis pertahanan kita,” papar Wali Kota Christensen.

Kecemasan ini menggerakkan evakuasi narapidana di LP Palen Creek Correctional Center yang terletak di Taman Nasional Gunung Barney, di pinggiran Queensland-New South Wales.

Sekitar 133 tahanan dan petugas di LP itu telah dipindahkan ke LP di Ipswich pada Selasa malam.

Sesaat 110 petugas pemadam penambahan dihadirkan dari Selandia Baru, Victoria, Tasmania dan Australia Utara, dan 40 pesawat pengebom air.(ach)

LEAVE A REPLY