IDNEWS.CO.ID – Rumah Sakit Cipto Manungkusoma (RSCM) Kencana Jakarta Pusat mengalami banjir sehingga beberapa ruangan yang ada di dalam terendam air, Minggu (23/2/2020).

Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo merinci, beberapa alat RCSM yang kebanjiran di antaranya, stationary xray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary xray floor, Mobile xray, 2 unit ct scan,1 unit ultra sound ‘accuson’ terendam,

“Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam, 1 unit MRI siemens terendam,” kata Agus Wibowo dikutip dari laman Twitternya @AW3126 di Jakarta.

Berdasarkan video pendek yang diunggahnya, terlihat air masuk dalam ruangan RSCM tersebut. Untuk ketinggian air diperkirakan di atas mata kaki orang dewasa.

Dokter jaga di RSCM menyebut sempat terjadi korsleting.

“Saya lagi jaga di RSCM, Departemen saya juga kebanjiran. Kabel kabel pada korsleting sehingga alat-alat mahal radiologi seharga miliaran mungkin jadi rusak,” ujarnya lewat pesan singkat.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa CT scan udah terbakar kabelnya, sehingga asap memenuhi ruangan.

“Listrik sudah diputus. Tinggal MRI yang belum dimatiin, krn kalau dimatiin akan bermasalah, Helium nya akan menguap.”

Sejauh ini, pihak RSCM sedang melakukan pendataan terhadap beberapa lokasi dan alat mana saja yang terendam tersebut.

“Pendataan secara detil #banjir #DKIJakarta #RSCM sedang dilakukan. Akan diupdate jika sudah lengkap datanya,” tuturnya. (fat)

LEAVE A REPLY