Gejala kehamilan ahad ketiga merupakan awal dari kehamilan Anda yang sesungguhnya.  Memasuki ahad ketiga kehamilan, yang berarti lebih dari 14 hari semenjak hari pertama menstruasi Anda bulan sebelumnya. Pada ketika ini ovulasi dan pembuahan sel telur telah terjadi atau akan segera terjadi. Akhir ahad ke 2 dan awal ahad ke 3 yaitu masa subur bagi wanita.

Perubahan pada Tubuh Anda:
Tidak ada gejala, tanda, atau perubahan yang terang pada tumbuh yang menjadi tanda kehamilan ahad ketiga.  Bahkan, Anda  kadang tidak tahu kalau sedang hamil ahad ke-3 ini. Tapi ada banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh.  Pada tahap ini Anda akan menjalani masa ovulasi, pembuahan, periode germinal dan tahap implantasi kehamilan Anda.

Apa Yang Terjadi Selama Ovulasi?
Pada ahad ke 3 kehamilan, rahim Anda dengan antusias berkemas-kemas untuk  menyambut bayi. Setelah proses oogenesis, ovum yang matang alhasil melepaskan diri dari ovarium. Sel telur  akan disapu ke tuba falopi oleh fimbria yang merupakan pinggiran jaringan yang menutupi ujung tuba falopi. Saluran ovarium dan tuba tidak terhubung langsung; Oleh alasannya yaitu itu fimbriae memainkan tugas penting untuk mengangkut ovum dari ovarium ke tuba falopi.

Selama ovulasi, fimbriae dengan lembut mengetuk ovarium dengan gerakan menyapu, menimbulkan ovum bergerak. Ovum dengan demikian dibawa oleh gerakan menyapu fimbriae ke dalam tuba falopi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya satu fimbria yang dikenal sebagai fimbria ovarica yang mencapai ovarium yang sangat krusial dalam membawa sel telur ke tuba falopi.

Di sisi lain, rahim sedang bersiap untuk memberi makan dan melindungi sel telur yang telah dibuahi. Endometrium, yang juga dikenal sebagai dinding rahim, mengental untuk menjiplak embedding embrio di dalamnya. Seluruh proses disertai dengan gelombang FSH yang besar (hormon perangsang folikel) dan LH (hormon luteinizing) yang dilepaskan dari kelenjar pituitari.

Yang lebih menakjubkan lagi yaitu kenyataan bahwa meski Anda tidak menyadarinya, ini terjadi di badan Anda setiap bulan, apakah Anda sedang mencoba atau tidak untuk hamil. Tapi satu-satunya perbedaan yaitu bahwa, bila sel telur dibuahi prosesnya terus berlanjut ke arah kehamilan tetapi bila tidak, maka badan akan bersiap untuk menstruasi.


 Baca juga : Gejala Awal Kehamilan


Pembuahan Ovum:
Meskipun ini terjadi sangat tanpa suara, tanpa disadari oleh siapa pun, pembuahan sel telur oleh spermatozoon yaitu salah satu insiden paling asing yang terjadi dalam hidup Anda. Inilah ketika ketika bayi Anda hidup. Ampula, yang merupakan tempat terluas tuba falopi, yaitu tempat pertemuan sel telur dan sperma.  Sel telur dengan rentang hidup hanya 24 jam, akan membisu di ampula untuk menunggu datangnya sperma.

Saat ejakulasi berlangsung, jutaan sperma melaksanakan perjalanan melalui vagina untuk mencapai tuba falopi. Hanya beberapa ratus di antaranya yang mencapai tujuan mereka, sementara yang lain kalah dalam balapan. Di antara mereka, beberapa beruntung mencapai telur di tuba falopi dan mengelilingi sel telur  dengan cita-cita mendapatkan kesempatan hidup. Saat ini akan memilih apakah sprema-sperma itu akan lahir sebagai bayi yang penuh kasih atau mati sebagai sel tunggal.

Telur yang sedang menunggu pembuahan juga tidak menciptakan proses gampang bagi sperma. Sel telur ditutupi oleh jeli, yaitu lapisan yang perlu dipatahkan oleh sperma kecil. Sperma  saling bersaing untuk mencoba masuk ke kepala terlebih dahulu dengan melepaskan enzim dari acrosom mereka.

Enzim kemudian akan memecahkan selaput telur, dan hanya satu sperma yang berhasil dan menembus selaput sel. Bila salah satu sperma alhasil masuk ke dalam sel telur maka Anda secara resmi hamil. Sungguh menakjubkan mengetahui bahwa proses pembuahan ini hanya memakan waktu hampir 18 jam untuk selesai.

Periode Germinal:
Masa germinal yaitu waktu antara perpaduan dua sel gamet dan implantasi embrio di rahim Anda. Selama hampir satu hari, tidak ada perubahan yang terjadi pada sel telur yang dibuahi. Setelah hampir 30 jam pembuahan, zigot pertama kali terbagi melalui mitosis untuk menjadi organisme bersel ganda. Selanjutnya, proses pembagian dan perbanyakan terus berlanjut sepanjang periode germinal. Proses ini alhasil akan mengarah pada perkembangan bayi di rahim yang awalnya hanya merupakan organisme bersel tunggal.
Selama sekitar 72 jam zigot mereproduksi dirinya dengan cepat untuk mencapai tahap multi-seluler. Pada tahap ini biasanya disebut sebagai Morula. Setelah ini, muncullah pembelahan sel yang cepat selama 4 hari, dan sekelompok sel terbentuk, yang akan dikenal sebagai Blastocyst . Pada tahap ini bayi akan menanamkan dirinya dengan sendirinya di dalam rahim Anda.

Implantasi Di Uterus:
Setelah pembuahan, zigot memulai perjalanannya dengan kondusif mencapai rahim Anda dengan didorong oleh struktur menyerupai rambut yang dikenal sebagai silia yang melapisi tuba falopi.
Zigot memakan waktu hampir satu hari untuk melaksanakan perjalanan dari tuba falopi ke rahim, tapi itu tidak tertanam di dalam rahim. Pada tahap ini, bayi Anda mempunyai kemungkinan 40% berubah menjadi embrio, alasannya yaitu hampir 60% konsepsi gagal ketika zigot tidak berhasil menanamkan dirinya dengan benar di rahim. Anda sama sekali tidak tahu perihal hal ini, alasannya yaitu akan diikuti periode menstruasi yang lain menyerupai biasanya.

Terkadang sel telur yang dibuahi terjebak di tuba falopi dan tidak hingga ke rahim. Hal ini akan menimbulkan kondisi yang mengancam jiwa perempuan yang dikenal sebagai kehamilan ektopik atau tuba.
Pada final ahad ke-3 atau sekitar 5-6 hari pembuahan, blastokista melekat di dinding rahim yang menebal. Akhirnya perjalanan berbahaya telah berakhir dan bayi Anda kondusif di zona rahim yang nyaman dan empuk. Meskipun semua mekanisme ini terjadi bahkan tanpa Anda tahu bahwa Anda hamil, tanpa tanda atau tanda-tanda yang mencolok; Anda harus tahu bahwa ini yaitu masa yang sangat penting dalam kehidupan bayi Anda. Begitu perjalanan halus dari tuba falopi hingga rahim selesai, blastokista mulai berkembang dengan cepat alasannya yaitu kini semua nutrisi yang diharapkan berasal dari suplai darah Anda.

Kontrol Kelahiran:
Jika Anda memakai pil KB atau berencana untuk mengikuti metode kontrasepsi darurat, Anda harus tahu bahwa mereka bekerja sebelum blastokista menanamkan dirinya di dalam rahim. Begitu implantasi telah terjadi, pil KB tidak kuat pada bayi yang sedang tumbuh.

Reaksi Kortikal:
Reaksi kortikal yaitu proses alami badan yang memastikan bahwa hanya satu sperma yang akan membuahi sel telur. Begitu sperma masuk ke membran sel, telur segera mengeluarkan sinyal listrik yang menimbulkan kantung kecil, dikenal sebagai butiran korteks, untuk melepaskan isinya ke tempat sekitar telur.
Konten yang dilepaskan ini membengkak dan mendorong sperma yang gagal semoga menjauh dari telur, dan sperma itu akan mati dalam 48 jam ke depan.

Perubahan Hormon Di Tubuh Anda:
Meskipun bayi Anda berada pada tahap zigot, akan cukup berilmu untuk mengirim sinyal keberadaannya ke kelenjar pituitari di otak.

Saat mendapatkan sinyal dari telur yang telah dibuahi, kelenjar pituitari merespons dengan mematikan siklus haid dan menghasilkan hormon gres yang disebut hCG (human chorionic gonadotrophin). HCG mencegah involusi dan regresi korpus luteum. Dengan sekresi hCG, korpus luteum tetap utuh dan menghasilkan kadar progesteron dan estrogen tinggi. Corpus luteum memainkan tugas penting di awal dan tahap terakhir kehamilan.

Ada kenaikan produksi progesteron yang sangat penting untuk kemajuan kehamilan semoga tetap aman. Jika tidak ada kehamilan, ini akan menjadi waktu ketika tingkat progesteron akan mulai menurun, sehingga endometrium merosot dan membesar ketika menstruasi.

Hormon progesteron bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim. Pada ahad ke 3, blastokista akan bergantung pada hormon Anda alasannya yaitu masih belum bisa menciptakan hormon sendiri.

Tanda Dan Gejala Implantasi:
Meskipun sebagian besar perempuan menyadari bahwa mereka hamil ketika mereka melewatkan siklus menstruasi bulanan mereka, beberapa perempuan yang sedang waspada akan mengalami beberapa tanda implantasi aneh. Hati-hati dengan tanda-tanda implantasi pada ahad ketiga kehamilan , tapi jangan biarkan cita-cita dan cita-cita Anda berjalan liar, alasannya yaitu sangat menyerupai dengan tanda-tanda PMS.

Kekecewaan bisa menimbulkan kekhawatiran, kecemasan dan stres yang akan mempengaruhi kesuburan Anda. Berikut ini yaitu tanda-tanda implantasi

•    30% perempuan mengalami bercak dalam bentuk pendarahan langka yang tampak ringan warnanya
•    Nyeri atau kram di punggung belahan bawah
•    Kembung, sakit kepala dan mood berubah
•    Sering buang air kecil
•    Rasa lembut di payudara

Baca Juga: Gejala Kehamilan Minggu Pertama

Sekarang sesudah Anda menyadari tanda-tanda dan tanda kehamilan 3 minggu, kini mari kita masuk ke dalam perubahan yang terjadi di dalam badan bayi.

Perubahan Pada Bayi:
Setelah dua sel gamet disatukan di tuba falopi, satu sel diploid itu kemudian dikenal sebagai zigot. Lihatlah! Bayi Anda gres saja mencapai tonggak sejarah perkembangannya yang pertama.

Ada dua ahad lagi sebelum zigot (bayi Anda) akan disebut sebagai embrio, namun zigot mempunyai seluruh DNA yang diharapkan yang berasal dari kedua pasangan. Karena sperma dan sel telur masing-masing mengandung 23 kromosom, sel diploid yang dihasilkan mengandung total 46 kromosom.

Itulah semua isu genetik yang diharapkan oleh sel yang akan membantu dalam pengembangan individu baru. Sebagian besar karakteristik bayi sudah ditentukan dan hanya beberapa waktu sebelum mereka benar-benar berevolusi. Zigot tidak melaksanakan apa-apa untuk sehari, tapi kemudian siap untuk membagi dirinya menjadi dua. Bayi kini mencapai tahap 2-sel dalam perkembangannya. Secara teknis, ini yaitu langkah awal dalam kehidupan bayi Anda.

Dua sel selanjutnya membelah untuk mencapai tahap sel 4 dan pada final hari ke 3, bayi akan mencapai tahap 16 sel. Bayi Anda di ahad ketiga kehamilan hanyalah bola sel berongga yang terus membelah dan tumbuh.

Perawatan Dan Tip:
Karena Anda belum menyadari bahwa ada kehidupan yang berkembang di dalam rahim jadi tidak ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan di ahad ke 3 kehamilan.

Tanpa sepengetahuan Anda, semenjak bayi diberi nutrisi, air, oksigen, semua hormon yang dibutuhkan, vitamin dan mineral vital di rahim Anda, maka  pertumbuhannya akan sehat.

Sebelum Anda mulai menyiapkan kamar bayi, maka persiapkan rahim yang sehat untuknya. Rahim bisa terpengaruh oleh makanan yang Anda makan, pekerjaan yang Anda lakukan dan gaya hidup yang Anda ikuti. Gaya hidup umum  dan bagaimana Anda merawat diri sendiri akan sangat kuat pada bayi yang sedang tumbuh.

Jika Anda berencana untuk menjadi ibu, maka Anda sanggup menjaga kesehatan mental dan fisik Anda dengan mengikuti gaya hidup sehat.

•    Makan makanan sehat dan banyak minum air putih.
•    Berolahraga dengan cukup.
•    Jangan menempatkan diri dalam kegiatan yang sanggup menimbulkan stres atau membahayakan perut Anda.
•    Hentikan kebiasaan jelek menyerupai merokok, minum obat bebas dan konsumsi alkohol berlebih
•    Kendalikan kecemasan dan stres
•    Jadilah positif terhadap teladan latih dan kehidupan pada umumnya

Meskipun bayi terlindungi dengan baik di rahim, namun bayi itu tidak terlindungi dari ancaman lingkungan luar. Anda membentuk kekerabatan antara bayi dan dunia luar. Seiring dengan nutrisi, semua yang Anda alami secara fisik, mental dan emosional memasuki rahim Anda.

Apa saja dan segala sesuatu yang Anda lakukan selama 38 ahad sesudah pembuahan akan memainkan tugas besar dalam perkembangan fisik, intelektual, neurologis dan emosional bayi. Jangan lupa bahwa imbas ini akan permanen.

Sebelumnya:  Kehamilan Minggu Kedua – Gejala, Perkembangan Bayi, Tip Dan Perubahan Tubuh