IDNEWS.CO.ID – Sebagai bentuk andil dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas, Volvo Cars akan mengambil keputusan untuk membatasi kecepatan maksimal mobil-mobilnya sampai 180 kpj dari tahun 2020. Pada satu sisi, tentu langkah ini akan mengecewakan para speed enthusiast.

Keputusan Volvo Cars sejalan dengan Visi 2020 yang bertujuan supaya tidak ada orang yang terbunuh atau cedera serius di mobil Volvo baru pada tahun 2020.

Menurut laporan NHTSA (National Highway dan Traffic Safety Administration), bahwa 25 % kematian lalu lintas pada 2017 disebabkan oleh para pengemudi ngebut di jalan raya.

Akan tetapi, Volvo menyadari jika melalui teknologi saja tidak akan mencapai titik nol. Volvo Cars saat ini memperluas cakupannya untuk memasukkan fokus pada perilaku pengemudi.

“Volvo ialah pemimpin di bidang keselamatan: kami selalu dan akan selalu demikian,” kata President dan CEO Volvo Cars Håkan Samuelsson.

“Karena riset kami, kami tahu dimana area-area masalahnya saat mengakhiri cedera serius dan kematian di mobil-mobil kami. Dan walau pembatasan kecepatan bukan obat total, semuanya layak dilakukan bila kita bisa menyelamatkan satu nyawa.”.

Tidak hanya membatasi kecepatan maksimal, mereka juga sedang mengembangkan teknologi yang membatasi kecepatan mobil yang sedang bergerak di sekitar sekolah dan rumah sakit.

(ndi)

LEAVE A REPLY