Ilustrasi makam Foto: WordPress.com

IDNEWS.CO.ID – Banyak keistimewaan dan keutamaan hari Jumat bagi umat islam, termasuk jika meninggal dunia di hari ini. Kabar meninggal dunia Omaswati di hari Kamis pada tanggal 16 Juli, sebenarnya sudah memasuki hari Jumat di dalam kalender Islam.

Lal apa saja keutamaan jika kita meninggal dunia di hari Jumat? Sebelumnya, mari kita bahas apa saja keistimewaan dan keutamaan hari Jumat.

Keistimewaan dan Keutamaan Hari Jumat
Dikutip dari Islampos, setidaknya ada 7 keutamaan yang bisa kita dapatkan di hari Jumat. Apa saja?

1. Hari paling baik

Pada hari Jumat inilah Allah Ta’ala menciptakan Nabi Adam ‘alihis salam. Dimasukkan dan dikeluarkannya dari surga, serta di hari Jumat pula terjadinya hari kiamat.

2. Ada waktu mustajab dikabulkannya doa

Di hari yang sangat istimewa ini Allah Ta’ala akan mengabulkan setiap doa orang yang memohon kepada-Nya.

Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan sholat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Muttafaqu Alaih).

3. Sedekah dimuliakan

Di hari Jumat pula sedekah akan jauh lebih mulia dibandingkan dengan hari lainnya. Atau bahkan lebih utama dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

4. Allah Ta’ala menampakkan diri

Di dalam Alquran surat Qaf ayat 35 Allah berfirman, “Dan Kami memiliki pertambahannya.” Sahabat Nabi, Anas bin Malik mengatakan jika pada hari Jumat, Allah akan menampakkan diri-Nya.

5. Hari besar umat Islam

Hari jumat adalah hari besar yang akan terus berulang, dan kita diwajibkan untuk membersihkan diri pada hari ini.

6. Dosa dihapus

Pada hari Jumat, dosa kita akan dihapus, sesuai dengan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.” (HR. Bukhari)

7. Husnul Khatimah jika meninggal dunia

Ini adalah keistimewaan dan keutamaan meninggal dunia di hari Jumat. Hari Jumat yang dimulai pada malam sebelumnya, atau malam Jumat adalah hari yang sangat istimewa. Bahkan untuk mereka yang meninggal dunia di hari ini.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

Itulah keistimewaan dan keutamaan yang bisa kita dapatkan di hari Jumat.

Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY