Kebakaran di Gedung Utama Kejaksaan Agung

IDNEWS.CO.ID – Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, meminta masyarakat menunggu hasil penyelidikan penyebab terbakarnya gedung utama Kejaksaan Agung di Jakarta, Sabtu malam, 22 Agustus 2020.

Menurut dia, polisi sedang menyelidiki untuk mengetahui penyebab kebakaran di Gedung Utama Kejaksaan Agung itu. “Oleh karena itu, mohon sabar menunggu hasil pihak kepolisian,” katanya pada Minggu.

Di samping itu, Hari meminta kepada masyarakat tidak melakukan spekulasi yang berlebihan atas musibah yang dialami Kejaksaan Agung. Sebaiknya, semua pihak menunggu proses penyelidikan Polri. “Kami mohon tidak membuat spekulasi dan asumsi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Kebakaran terjadi di kawasan Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 22 Agustus 2020. Api mengamuk sekitar pukul 19.10 WIB. Aparat pemadam kebakaran segera dikerahkan ke lokasi. Sedikitnya enam mobil damkar diterjunkan. Penyebab kebakaran belum diketahui, begitu pun jumlah kerugian akibatnya.

Di tempat terpisah, Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono, menjelaskan penyebab lamanya proses pemadaman api. Dia menyebut, besarnya bangunan yang terbakar dan ada sejumlah bahan yang mudah terbakar di lokasi, membuat proses pemadaman memakan waktu hingga lebih dari sebelas jam.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan petugas Pemadam Kebakaran, katanya, salah satu bagian gedung yang mudah terbakar itu ada di bagian depan gedung. Seluruh bagian gedung utama yang terbakar sejak Sabtu malam kemarin, kini telah habis terbakar di semua lantainya. Namun Budi belum bisa memastikan penyebab kebakaran.

Dia memastikan bahwa langkah selanjutnya masih akan dilakukan oleh aparat Laboratorium Forensik guna memastikan sumber dan asal api penyebab kebakaran.(fat)

LEAVE A REPLY